PENGEMBANGAN PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR BIDANG REKAYASA POLINES


Royswan Isgandhi, 2101506002 (2008) PENGEMBANGAN PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR BIDANG REKAYASA POLINES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN  PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR  BIDANG REKAYASA   POLINES ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PANDUAN PENULISAN TUGAS AKHIR BIDANG REKAYASA POLINES ) - Published Version
Download (445kB) | Preview

Abstract

Tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines merupakan salah satu jenis karya ilmiah. Kaidah bahasa Indonesia dalam tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines belum diterapkan dengan tepat sehingga belum mencerminkan penggunaan bahasa Indonesia yang efisien dan efektif, terutama pada penyajian paragraf yang lengkap, penyusunan kalimat, dan pemilihan kata. Tata tulis dalam tugas akhir tersebut masih beragam sehingga belum menunjukkan tugas akhir yang baik, terutama pada penyajian sistematika penulisan, penyajian ilustrasi, pengutipan pendapat, dan penomoran. Kelemahan-kelemahan yang terdapat pada tugas akhir tersebut salah satunya dipengaruhi oleh pedoman penulisan tugas akhir yang belum jelas dan lengkap. Pemikiran ini mendorong perlunya dilakukan pengembangan panduan penulisan tugas akhir bidang rekayasa Polines untuk menjadi panduan yang lebih operasional sehingga mahasiswa dapat menerapkan panduan tersebut dengan mudah dan praktis. Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsi peta kebutuhan mahasiswa dalam penulisan tugas akhir bidang rekayasa Polines, yang meliputi aspek kebahasaan dan tata tulis. Aspek kebahasaan ini menyangkut penyajian paragraf, penggunaan kalimat, dan kata, sedangkan aspek tata tulis menyangkut sistematika penulisan, penyajian ilustrasi, penyajian kutipan, dan penomoran pada tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines. Tujuan kedua adalah menghasilkan panduan penulisan tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines yang aplikatif. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk penelitian pengembangan. Penelitian ini diawali dengan melakukan studi pendahuluan terhadap kondisi tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines dan pedoman penulisan tugas akhir Polines. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, observasi, dan wawancara yang berkaitan dengan aspek kebahasaan dan tata tulis. Sampel ditentukan berdasarkan purposive simple. Data tersebut dianalisis sesuai dengan peta kebutuhan mahasiswa dalam penulisan tugas akhir. Hasil analisis tersebut dijadikan sebagai acuan dalam melakukan pengembangan panduan penulisan tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines. Agar hasil pengembangannya terekomendasi, validasi pakar terhadap draf panduan penulsan tugas akhir perlu dilakukan. Dengan pengembangan tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines yang didasarkan analisis aspek kebahasan dan tata tulis, mahasiswa dapat menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang benar. Begitupula, tata tulis dalam tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines sudah diterapkan sesuai dengan kaidah penulisan yang ditetapkan dalam panduan penulisan tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines yang dikembangkan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa panduan penulisan tugas akhir bidang rekayasa Polines yang dikembangkan memberikan dampak positif terhadap mahasiswa dalam menulis tugas akhir yang baik dan benar. Keberhasilan penerapan kaidah kebahasaan dan tata tulis dalam tugas akhir mahasiswa bidang rekayasa Polines dipengaruhi oleh contoh penyajian penulisan bagian-bagian tugas akhir yang terdapat dalam panduan penulisan tugas akhir bidang rekayasa Polines yang dikembangkan sehingga lebih bersifat operasional dan praktis. Disarankan bahwa panduan penulisan tugas akhir bidang rekayasa Polines perlu disosialisasikan kepada dosen melalui forum lokakarya guna mendapatkan kesepakatan panduan yang dibakukan. Panduan tersebut dipakai sebagai acuan bagi mahasiswa dalam penulisan tugas akhir dan dosen dalam proses pembimbingan tugas akhir. Panduan penulisan tugas akhir bidang rekayasa Polines dicetak terpisah dari persyaratan atau prosedur yang berkaitan dengan mekanisme pengajuan usulan, pembimbingan, dan pelaksanaan ujian tugas akhir sehingga lebih memudahkan mahasiswa dalam menulis tugas akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kebahasaan, peta kebutuhan, panduan , tugas akhir, tata tulis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2013 06:21
Last Modified: 21 May 2013 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16786

Actions (login required)

View Item View Item