PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KOTA PEKALONGAN TAHUN 2008


Rohadi, 1103506112 (2008) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KOTA PEKALONGAN TAHUN 2008. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI  SEKOLAH MENENGAH ATAS  (SMA)  KOTA PEKALONGAN  TAHUN 2008]
Preview
PDF (PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KOTA PEKALONGAN TAHUN 2008) - Published Version
Download (460kB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pembelajaran adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran dengan hasil maksimal. Realita di lapangan, sebagian guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) belum sepenuhnya kompetensi profesionalnya seperti yang diharapkan. Oleh karena itu diperlukan upaya meningkatkannya, antara lain dimulai dari menciptakan budaya manajemen waktu yang baik serta meningkatkan motivasi mengajar bagi guru. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh manajemen waktu dan motivasi mengajar terhadap kompetensi profesional guru di SMA Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumbangan tesis tentang pengaruh manajemen waktu dan motivasi mengajar terhadap kompetensi profesional guru di SMA Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis korelasi karena untuk mengetahui hubungan variabel manajemen waktu (X1), motivasi mengajar (X2) dan kompetensi profesional guru (Y). Sedangkan pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis menggunakan regresi tunggal dan regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai R square sebesar 0,241 menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan manajemen waktu dan motivasi mengajar terhadap kompetensi profesional guru di SMA Kota Pekalongan sebesar 24,1%, selebihnya dari faktor lain di luar ketiga variabel tersebut Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh secara simultan manajemen waktu dan motivasi mengajar terhadap kompetensi profesional guru di SMA Kota Pekalongan. Disarankan kepada: (1) Setiap guru harus lebih meningkatkan manajemen waktu dan motivasi mengajar sehingga meningkatkan kompetensi profesionalnya; (2) Kepala sekolah lebih menekan pada guru pentingnya manajemen waktu dan motivasi mengajar upaya meningkatkan kompetensi profesionalnya; (3) Dinas Pendidikan dalam kebijakannya harus mendukung peningkatan manajemen waktu dan motivasi mengajar karena sebagai kunci segala kegiatan guru untuk mencapai keberhasilan dalam dunia pendidikan termasuk peningkatan kompetensi profesional guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Manajemen Waktu, dan Motivasi Mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2013 06:03
Last Modified: 21 May 2013 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16784

Actions (login required)

View Item View Item