PARTISIPASI PASARAYA SRI RATU PEMUDA SEMARANG DALAM KEGIATAN PRAKERIN SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN PENJUALAN

Yuli Rifiani, 1103506029 (2008) PARTISIPASI PASARAYA SRI RATU PEMUDA SEMARANG DALAM KEGIATAN PRAKERIN SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN PENJUALAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PARTISIPASI PASARAYA SRI RATU PEMUDA SEMARANG DALAM KEGIATAN PRAKERIN SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN PENJUALAN) - Published Version
Download (1464Kb)

    Abstract

    Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang adalah sebuah perusahaan retail yang menjadi Institusi Pasangan bagi SMK, Program Keahlian Penjualan dalam kegiatan Prakerin Siswa. Prakerin merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda, yaitu pola penyelenggaraan diklat yang dikelola bersama-sama antara SMK dengan dunia usaha/dunia industri dan/asosiasi profesi. Tesis ini bertujuan mendiskripsikan bentuk partisipasi Pasaraya Sri Ratu dalam kegiatan prakerin yang meliputi 1) Perencanaan, mengenai kesepakatan kerjasama, persyaratan siswa, pembekalan dan materi. 2) Pelaksanaan, yang terdiri dari waktu diklat, sistem pembelajaran, metode pembelajaran, pembimbingan, kegiatan siswa, serta sangsi dan reward, dan 3) evaluasi/penilaian, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan analisa evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena meneliti gejala, informasi, atau keterangan hasil pengamatan selama proses penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan metode. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian ini; 1) Perencanaan prakerin yang berdasar kesepakatan kerjasama/MoU yang dibuat dan ditandatangani kedua pihak yaitu sekolah dan PSR tidak diikuti perencanaan tertulis sebagai acuan kegiatan prakerin, 2) Pelaksanaan prakerin menguntungkan kedua pihak karena siswa SMK mendapat kesempatan melaksanakan prakerin selama enam bulan, dan kegiatan prakerin bagi PSR merupakan kesempatan berpromosi selain mendapatkan investasi tenaga kerja, dan 3) Pelaksanaan evaluasi/penilaian dilakukan secara intern untuk mengetahui kemampuan siswa secara umum, dan ekstern sebagai laporan kepada sekolah berupa ujian Tugas Akhir. Saran untuk penanggung jawab prakerin; 1) membuat perencanaan tahunan prakerin sebagai perbandingan, 2) melakukan rolling lantai siswa prakerin untuk memaksimalkan ketrampilan, 3) menambah pemateri pembekalan untuk mengurangi kebosanan, 4) memiliki arsip/dokumen jurnal kegiatan siswa selama pelaksanaan prakerin, dan 5) evaluasi/penilaian Tugas Akhir harus disertai observasi. Dan saran untuk Pembimbing; 1) Membuat keseragaman pembimbingan, dan 2) melaksanakan evaluasi setiap siswa akan kembali ke sekolah untuk mengetahui kemampuan siswa dan setelah kembali ke PSR untuk mengetahui kesiapan siswa beraktivitas di PSR.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Institusi Pasangan, Prakerin
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 21 May 2013 01:56
    Last Modified: 21 May 2013 01:56

    Actions (login required)

    View Item