PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG
Suparno, 1103505100 (2007) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG)
- Published Version
Download (520kB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru merupakan salah satu faktor penentu dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, kinerja guru perlu mendapat perhatian dan dukungan yang serius dari berbagai pihak, khusnya komponen sumber daya sekolah. Peningkatan kinerja guru yang menekankan pada pola manajemen dengan melibatkan semua komponen sumber daya sekolah diharapkan mampu meningkatkan motivasi kerja guru dan tuntutan kepemimpinan situasional kepala sekolah yang memadai sehingga berdampak kepada meningkatnya kinerja guru yang berimplikasi kepada meningkatnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (2) pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, dan (3) pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi korelasioanal dengan populasi guru yang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada SMP Negeri di Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang sebanyak 239 orang, dan sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak 97 orang. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas yaitu: motivasi kerja (X1) dan kepemimpinan situasional kepala sekolah (X2), dan satu variabel terikat yaitu: kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat kuesioner berstruktur tertutup. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS Versi 11,5. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) motivasi kerja, kepemimpinan situasional kepala sekolah, dan kinerja guru rata-rata berkategori baik pada kisaran 50%, (2) motivasi kerja berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 74,8%, (3) kepemimpinan situasional kepala sekolah berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 58,4%, dan (4) motivasi kerja dan kepemimpinan situasional kepala sekolah secara bersama-sama akan mempengaruhi kinerja guru sebesar 66,3%, selebihnya sebesar 33,7% kinerja guru ditentukan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Dari gambaran hasil penelitian ini diharapkan pihak-pihak yang terkait dan peduli terhadap pendidikan agar turut berpartisipasi secara aktif, konsisten dan konsekuen dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan, terutama melalui peningkatan maotivasi kerja dan peningkatan kepemimpinan situasional kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi kerja, kepemimpinan situasional, kinerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 21 May 2013 02:28 |
Last Modified: | 21 May 2013 02:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16778 |
Actions (login required)
View Item |