PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI EMPAT SMP NEGERI SUB MKKS TAMAN KABUPATEN PEMALANG


Irfan, 1103505091 (2007) PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI EMPAT SMP NEGERI SUB MKKS TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI  KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI EMPAT SMP NEGERI SUB MKKS TAMAN  KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI EMPAT SMP NEGERI SUB MKKS TAMAN KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (451kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru dengan menggunakan pendekatan studi korelasioanal, populasinya adalah guru yang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 4 (empat) SMP Negeri di Sub MKKS Taman Kabupaten Pemalang sebanyak 108 orang, dan sampel diambil secara random sampling sebanyak 108 orang. Variabel penelitian ini terdiri atas tiga variabel bebas yaitu: supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah (X1) dan iklim sekolah (X2), serta satu variabel terikat yaitu: kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat kuesioner berstruktur tertutup dan hasil dari pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda (simultan) dengan bantuan SPSS Versi12. Jawaban responden terhadap variabel supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah (X1), iklim sekolah (X2), dan kinerja guru (Y) sebagian besar berkatebori baik. X1 memiliki pengaruh positif terhadap Y sebesar 55%, Variabel X2 mempunyai pengaruh positif terhadap Y sebesar 41,5%, dan kedua variabel bebas tersebut secara bersama mempunyai pengaruh positif variabel terikat sebesar 70,7%. Variabel X1 dalam persamaan regresi berganda adalah 0,406 karena nilainya positif berarti peningkatan 1 satuan maka akan meningkatkan kinerja guru sebesar 0,406 satuan. Sedangkan variabel X2 dalam persamaan regsesi berganda adalah 0,605 hal ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1 satuan maka akan meningkatkan kinerja guru sebesar 0,605 satuan dan pengaruhnya signifikan. Kinerja guru merupakan faktor terpenting dalam memajukan mutu pendidikan, dari hasil penelitian ini diharapkan pihak-pihak yang berwenang dan masyarakat yang peduli terhadap pendidikan agar ikut terlibat serta berpartisipasi secara aktif dalam upaya meningkatkan kinerja guru, terutama melalui program peningkatan supervisi kunjungan kelas, program peningkatan iklim sekolah yang kondusif, dan program-program peningkatan kesejahteraan guru. Hasil penelitian ini hanya merupakan bagian dari upaya pengembangan pendidikan yang masih perlu ditindaklanjuti. Oleh karena itu, kepada pihak-pihak yang peduli terhadap perkembangan pendididkan berkenan mengadakan penelitian lanjutan untuk lebih mempertajam dalam mengkaji permasalahan-permasalahan supervisi, iklim sekolah, dan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Iklim Sekolah, Kinerja
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2013 01:54
Last Modified: 21 May 2013 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16777

Actions (login required)

View Item View Item