PENGARUH LAYANAN PEMBELAJARAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH GUNUNGPRING MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG


S u k r i, 1103504060 (2006) PENGARUH LAYANAN PEMBELAJARAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH GUNUNGPRING MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LAYANAN PEMBELAJARAN  DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KEPUASAN  SISWA DI SD MUHAMMADIYAH GUNUNGPRING MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG  ]
Preview
PDF (PENGARUH LAYANAN PEMBELAJARAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH GUNUNGPRING MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG ) - Published Version
Download (430kB) | Preview

Abstract

SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan merupakan sekolah unggulan di Kabupaten Magelang. Realita menunjukkan prestasi bidang akademik maupun nonakademik sangat baik. Hal tersebut merupakan salah satu indikasi kepuasan siswa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terciptanya kondisi tersebut antara lain; Dana yang cukup, sarana yang lengkap, perpustakaan yang memadahi, layanan yang memuaskan serta Guru yang professional. Sejauh mana layanan pembelajaran dan profesionalisme guru turut menentukan kepuasan siswa, belum diketahui Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang tingkat layanan pembelajaran, tingkat profesionalisme guru, serta tingkat layanan pembelajaran dan profesionalisme guru SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan dalam menentukan kepuasan siswa. Manfaat penelitian ini, secara teoritis diharapkan dapat menghasilkan konsep tingkat kepuasan siswa dari Layanan Pembelajaran dan Profesionalisme Guru di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang. Secara praktis, bagi guru, Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan, adalah dapat memberikan informasi dan pengetahuan bahwa layanan pembelajaran dan profesionalisme guru, sangat menentukan kepuasan siswa. Metodologi penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, sampel diambil secara purposive sampel dan proporsional sampel. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket terhadap siswa kelas IV, V, dan VI. Analisis data dilakukan dengan analisis faktor dan Rank spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh layanan sekolah terhadap kepuasan siswa ditunjukkan dengan nilai 1,736. Pengaruh profesionalisme guru terhadap kepuasan siswa ditunjukkan dengan nilai 17,534. Sedangkan pengaruh layanan sekolah dan profesionalisme guru terhadap kepuasan siswa ditunjukkan dengan nilai 16,883 sedangkan nilai t tabel adalah 1,650. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan pembelajaran dan profesionalisme guru SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang sangat menentukan kepuasan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Layanan Pembelajaran, Profesionalisme Guru, Kepuasan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2013 01:40
Last Modified: 21 May 2013 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16773

Actions (login required)

View Item View Item