Peningkatan Kemampuan Menggambar Bebas Siswa B1 Melalui Strategi Pembelajaran Pemberian Motivasi Di TK Negeri Pembina Jaten Karanganyar


Endang Widiyastuti, 2001506001 (2008) Peningkatan Kemampuan Menggambar Bebas Siswa B1 Melalui Strategi Pembelajaran Pemberian Motivasi Di TK Negeri Pembina Jaten Karanganyar. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menggambar Bebas Siswa B1 Melalui Strategi Pembelajaran Pemberian Motivasi Di TK Negeri Pembina Jaten Karanganyar]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Menggambar Bebas Siswa B1 Melalui Strategi Pembelajaran Pemberian Motivasi Di TK Negeri Pembina Jaten Karanganyar) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Guru TK dituntut untuk mengerti dan memahami secara benar implementasi pendidikan seni rupa. Bagaimana memberikan dan membimbing dalam kegiatan menggambar bebas, baik tema dan metode pembelajaran serta pendekatan yang harus digunakan. Salah satu strategi belajar mengajar yang dapat digunakan dengan menerapkan pendekatan ekspresi bebas secara terarah melalui strategi pembelajaran ”pemberian motivasi” untuk merangsang dan memberikan motif berekspresi kepada anak dalam berkarya. Tujuan penelitian yang dilaksanakan adalah mengetahui, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan strategi pembelajaran ”pemberian motivasi” bercerita / berdialog untuk membangkitkan perhatian; dan merangsang lahirnya motif yang dapat dijadikan dasar dalam berkarya; serta strategi pembelajaran ”pemberian motivasi” tiga cara guna meningkatkan kualitas hasil kemampuan menggambar bebas pada peserta didik kelompok B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dalam bentuk 3 siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasif; wawancara informal secara mendalam terhadap guru; dan kumpulan karya (portofolio kerja) peserta didik. Uji Validitas Data digunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan diskusi bersama guru dengan peneliti untuk membahas kemajuan yang telah dicapai. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa: a). Strategi pembelajaran pemberian motivasi melalui bercerita/berdialog yang dirancang lebih atraktif dan menarik dapat membangkitkan perhatian dan rangsangan lahirnya motif yang dapat dijadikan dasar dalam berkarya (kegiatan menggambar bebas) pada peserta didik kelompok B1. b). Strategi pembelajaran ”pemberian motivasi” dengan tiga cara, yaitu: bercerita/berdialog, kontak langsung dengan alam secara sadar, dan demonstrasi dinyatakan dapat meningkatkan penguasaan peserta didik akan teknik dan bahan/alat yang digunakan dalam kegiatan menggambar bebas, dan mengenalkan warna (hasil campuran warna) dalam kegiatan menggambar bebas, serta meningkatkan kualitas hasil kemampuan menggambar bebas peserta didik kelompok B1 TK Negeri Pembina Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendekatan, stategi pembelajaran, menggambar bebas.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 May 2013 01:27
Last Modified: 21 May 2013 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16746

Actions (login required)

View Item View Item