Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa SMA Negeri 1 Juwana


Bayu Kumala Sari, 3301405511 (2009) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa SMA Negeri 1 Juwana. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa SMA Negeri 1 Juwana] PDF (Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa SMA Negeri 1 Juwana) - Published Version
Download (858kB)

Abstract

Mempelajari akuntansi membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam karenanyan ketelitian, ketekunan dan kehati-hatian sangat diperlukan dari seorang siswa karena karakteristik pokok bahasan laporan keuangan ini berupa analisis akun. Emosi harus benar-benar dikelola dengan baik karena materi yang dianggap sulit sering membuat jenuh seorang siswa. Jika siswa tidak mampu mengelola emosi dengan baik, maka ia akan mudah menyerah menghadapi kondisi yang dianggap sulit. Kesabaran sangat dibutuhkan untuk dapat mempelajari materi pokok bahasa ini. Selain kecerdasan dalam mengelola emosi, mempelajari laporan keuangan juga diperlukan cara belajar yang baik. Cara belajar yang efektif akan membantu siswa di dalam memahami konsep-konsep. Permasalahan yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kecerdasan emosional dan cara belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi pokok bahasan laporan keuangan pada siswa SMA Negeri 1 Juwana secara parsial dan simultan ?, (2) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan cara belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi pokok bahasan laporan keuangan pada siswa SMA Negeri 1 Juwana secara parsial dan simultan ?, (3) Seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan cara belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi pokok bahasan laporan keuangan pada siswa SMA Negeri 1 Juwana secara parsial dan simultan ?. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI. SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati tahun ajaran 2008/2009 berjumlah 172 yang berasal dari kelas XI. IPS 1 sampai XI. IPS 4. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel bebas yang dikaji dalam penelitian ini kecerdasan emosinal (X1) dan cara belajar (X2) sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar akuntansi pokok bahasan laporan keuangan (Y). Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi dan teknik kuesioner (angket). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi baik parsial maupun simultan. Hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional memberikan pengaruh lebih besar terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 29,59 % dibandingkan variabel cara belajar yaitu sebesar 9 %. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan cara belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar akuntansi pokok bahasan laporan keuangan sebesar 53 % dan sisanya 47 % dipengaruhi faktor lain. Kecerdasan emosional menjadi pedoman bagi individu untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki peran yang penting dalam kemampuan akademik seseorang dan hendaknya siswa dapat menentukan cara belajar yang efektif bagi dirinya sendiri, agar mempermudah dalam menguasai suatu materi dengan utuh serta tidak hanya mau belajar pada saat ada tes saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Cara Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Apr 2011 01:52
Last Modified: 25 Apr 2015 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item