PENGARUH KOMPETENSI GURU, STATUS SOSIAL EKONOMI, SIKAP DAN MINAT TERHADAP PERILAKU PROFESIONAL GURU DI SMA / MA SE- KABUPATEN DEMAK


Nur Qosim, 1103506102 (2008) PENGARUH KOMPETENSI GURU, STATUS SOSIAL EKONOMI, SIKAP DAN MINAT TERHADAP PERILAKU PROFESIONAL GURU DI SMA / MA SE- KABUPATEN DEMAK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI GURU, STATUS SOSIAL EKONOMI, SIKAP DAN MINAT TERHADAP PERILAKU PROFESIONAL GURU DI SMA / MA SE- KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI GURU, STATUS SOSIAL EKONOMI, SIKAP DAN MINAT TERHADAP PERILAKU PROFESIONAL GURU DI SMA / MA SE- KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan status sosial ekonomi, sikap dan minat terhaap perilaku profesionalisme guru SMA/MA se Kabupaten Demak. Populasi penelitian ini adalah 1.871 guru yang tersebar di 76 SMA/MA se Kabupaten Demak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah standard error sampling. Proporsional sampling. Dari pengacakan tersebut diperoleh sampel sebanyak 250 responden. Data dikumpulkan melalui angket langsung yang dijawab oleh para guru. Berdasarkan uji signifikansi pengaruh variabel kompetensi guru terhadap perilaku profesional guru SMA / MA di Kabupaten Demak diperoleh nilai F hitung 702,509 dengan signifikansi 0,000 sehingga variabel kompetensi guru secara signifikan berpengaruh terhadap perilaku profesional guru SMA / MA di Kabupaten Demak. Sementara itu kekuatan hubungan antara kedua variabel tersebut dinyatakan dalam koefisien korelasi (r) 0,860 dengan p = 0,000. Berdasarkan uji signifikansi pengaruh variabel status sosial ekonomi terhadap perilaku profesional guru SMA / MA di Kabupaten Demak diperoleh nilai F hitung 51,151 dengan signifikansi 0,000 sehingga variabel status sosial ekonomi secara signifikan berpengaruh terhadap perilaku profesional guru. Kekuatan hubungan antara status sosial ekonomi terhadap perilaku profesional guru SMA / MA di Kabupaten Demak dinyatakan dalam koefisien korelasi (r) 0,414 dengan p = 0,000. Berdasarkan uji signifikansi pengaruh variabel sikap terhadap perilaku profesional guru SMA / MA di Kabupaten Demak diperoleh nilai F hitung 700,559 dengan signifikansi 0,000 sehingga variabel sikap secara signifikan berpengaruh terhadap perilaku profesional guru. Kekuatan hubungan antara sikap terhadap perilaku profesional guru SMA / MA di Kabupaten Demak dinyatakan dalam koefisien korelasi (r) 0,859 dengan p = 0,000. Berdasarkan uji signifikansi pengaruh variabel minat terhadap perilaku profesional guru SMA / MA di Kabupaten Demak diperoleh nilai F hitung 682,221 dengan signifikansi 0,000 sehingga variabel minat secara signifikan berpengaruh terhadap perilaku profesional guru. Kekuatan hubungan antara minat terhadap perilaku profesional guru SMA / MA di Kabupaten Demak dinyatakan dalam koefisien korelasi (r) 0,856 dengan p = 0,000. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan: (1) untuk meningkatkan kinerja guru maka seyogyanya selalu melibatkan secara aktif para guru dengan kegiatan yang mendukung proses belajar mengajar, agar terjadi peningkatan mutu pendidikan dan didapatkan anak didik yang pandai dan prosentase kelulusan yang tinggi; (2) Dalam melibatkan para guru hendaknya para kepala sekolah juga harus memperhatikan kompetensi, status sosial ekonomi berupa kompensasi yang dapat diberikan kepada guru yang bersangkutan agar semangat kerjanya selalu tinggi sehingga didapatkan hasil kerja yang bagus; (3) Terlepas adanya kompetensi atau tidak, seorang guru adalah seorang pendidik, dalam hal ini tanggung jawab moral sebagai seorang pendidikan sangat dipertaruhkan, karena jika anak didik yang dihasilkan dari produk sekolah tidaklah berkualitas maka masa depan bangsa akan ikut hancur dikarenakan guru tidak profesional dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru, Status Sosial Ekonomi, Sikap, Minat, Perilaku Profesionalisme guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2013 03:28
Last Modified: 21 May 2013 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16738

Actions (login required)

View Item View Item