MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM AKSELERASI (STUDI KASUS DI SD NEGERI SOMPOK SEMARANG).

Arini Estiastuti, 1103506013 (2008) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM AKSELERASI (STUDI KASUS DI SD NEGERI SOMPOK SEMARANG). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM AKSELERASI (STUDI KASUS DI SD NEGERI SOMPOK SEMARANG).) - Published Version
Download (869Kb)

    Abstract

    Penyelenggaraan program akselerasi sangat penting karena dengan memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengembangkan kecerdasan dan bakatnya dengan sebaik-baiknya, dengan demikian diharapkan nantinya dapat tumbuh menjadi manusia Indonesia yang cerdas dalam berfikir, terampil dalam bertindak dan berbudi pekerti luhur untuk menyongsong masa depan bangsa yang gemilang dalam menghadapi persaingan global. Sedemikian pentingnya sehingga dalam program akselerasi dibutuhkan sistem manajemen yang baik, yang meliputi perencanaan pembelajaran program akselerasi, pelaksanaan pembelajaran program akselerasi, dan evaluasi pembelajaran program akselerasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan pembelajaran program akselerasi yang meliputi pengembangan kurikulum, sarana dan prasarana, tenaga pendidik dan peserta didik. Mengetahui pelaksanaan pembelajaran program akselerasi yang meliputi kegiatan pembelajaran dikelas program akselerasi, kegiatan pembelajaraan di kelas program reguler, tanggung jawab Kepala Sekolah dan layanan bimbingan konseling. Mengetahui evaluasi pembelajaran program akselerasi yang meliputi supervisi dan evaluasi program. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Kesakhihan data diperoleh dengan triangulasi data, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, ketekunan pengamatan. Data dianalisis dengan (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan simpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran program akselerasi di SD Negeri Sompok Semarang (1) pengembangan kurikulum belum sepenuhnya mengacu kepada kurikulum berdeferensiasi dan belum sepenuhnya memperhatikan tentang pengembangan minat, bakat, dan kepemimpinan siswa program akselerasi, guru program akselerasi juga merupakan guru yang mengajar di program reguler sehingga perhatiannya belum tercurah sepenuhnya diprogram akselerasi, sarana dan prasarana sudah cukup memadai namun ruang kelas program akeselerasi masih terkesan sempit sehingga mengurangi mobilitas siswa dalam pembelajaran program akselerasi, perekrutan siswa sudah sesuai dengan pedoman penerimaan siswa program akselerasi, (2). Proses pembelajaran program Akselerasi aktivitas siswa cukup bagus namun belum dikembangkan secara maksimal tingkat berfikir kritis dan seharusnya siswa sering dilibatkan untuk mengerjakan tugas dengan kerja sama kelompok, (3) supervisi sudah berjalan namun belum maksimal, keluhan-keluhan orang tua murid dalam pendampingan dengan psikolog belum diperhatikan sebagai evaluasi program akselerasi karena selama ini manajemen sekolah belum menindak lanjuti keluhan-keluhan tersebut. . Disarankan dalam pengembangan kurikulum program akselerasi mengacu kepada pengembangan kurikulum inti yang terdeferensiasikan juga perlu memperhatikan pengembangan bakat, minat, dan kepemimpinan siswa program akselerasi, guru akselerasi seharusnya guru yang khusus mengajar di akselerasi, ruang kelas program akselerasi diperluas disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran, penilaian yang dilakukan oleh guru hendaknya mengacu kepada pengembangan tingkat berpikir kritis, dan siswa sering dilibatkan untuk mengerjakan tugas dalam kelompok, supervisi hendaknya dilakukan secara berkala dan terjadwal, keluhan-keluhan orang tua sebagai pelanggan perlu ditindak lanjuti oleh manajemen sekolah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Program Akselerasi
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 12 May 2013 21:53
    Last Modified: 20 May 2013 23:12

    Actions (login required)

    View Item