PENGARUH SUPERVISI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, SERTA PARTISIPASI DALAM KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG


Sudiyanto, 1103506011 (2008) PENGARUH SUPERVISI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, SERTA PARTISIPASI DALAM KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SUPERVISI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, SERTA PARTISIPASI DALAM KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH SUPERVISI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, SERTA PARTISIPASI DALAM KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SEMARANG UTARA KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (915kB) | Preview

Abstract

Isu terhadap rendahnya kualitas pendidikan, serta tuntutan terhadap peningkatan kualitas pendidikan sampai saat ini selalu muncul. Profesi guru memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan. Perbaikan kinerja dan kualitas guru antara lain dapat dilakukan melalui supervisi, pendidikan dan pelatihan, serta partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru (KKG). Permasalahan yang akan diteliti adalah ”Apakah ada pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara supervisi, pendidikan dan pelatihan, serta partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap profesional guru SD di Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang ?”. Penelitian dirancang sebagai penelitian survei yang bersifat menjelaskan fenomena (explanatory reseach) ada atau tidaknya pengaruh antara dua variabel atau lebih dan seberapa tingkat pengaruhnya. Sampel dalam penenilitian ini sejumlah 70 responden yang diambil melalui teknik cluster sampling dengan menggunakan tabel Krejcie. Hasil analisis regresi parsial maupun regresi linier ganda menunjukkan bahwa bahwa (1) Supervisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesional guru SD, (2) Pendidikan dan Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesional guru SD, serta Partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesional guru Sekolah Dasar di Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada : (1) Kepada Kepala Sekolah Dasar agar lebih mengoptimalkan program supervisi oleh teman sejawat/sebaya; (2) Dinas Pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) seharusnya berdasarkan kebutuhan guru peserta (learner need assessment); serta (3) Pengelola Kelompok Kerja Guru (KKG) lebih meningkatkan perannya sebagai fasilitator dan motivator bagi guru dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dibutuhkan guru dalam upaya meningkatkan profesional guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: supervisi, pendidikan dan pelatihan, partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru, profesional guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2013 01:48
Last Modified: 21 May 2013 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16733

Actions (login required)

View Item View Item