PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMK NEGERI 1 PEMALANG


Sobirin, 1103505094 (2007) PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMK NEGERI 1 PEMALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMK NEGERI 1 PEMALANG]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMK NEGERI 1 PEMALANG) - Published Version
Download (478kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap kepuasan siswa, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan terhadap kepuasan siswa, dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap kepuasan siswa. Metode penelitian menggunakan desain korelasional dengan populasinya adalah semua siswa kelas XII SMK Negeri 1 Pemalang yang tercatat dan aktif mengikuti pembelajaran pada tahun 2007 sebanyak 238 siswa. Adapun teknik sampling menggunakan tabel Kreciej dan Nomogram Harry king didasarkan atas kesalahan 5%. Sehingga jumlah sampel pada SMK Negeri 1 Pemalang adalah 148 siswa. Tenik analisis data menggunakan teknik analisis regresi (regression analyisis). Hasil penelitian ini adalah :(1) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kepuasan siswa SMK Negeri 1 Pemalang dengan koefisien determinasi sebesar 15,05%; (2) ada pengaruh yang signifikan kedisipilinan terhadap kepuasan siswa SMK Negeri 1 Pemalang dengan koefisien determinasi sebesar 11,76%; dan (3)ada pengaruh secara simultan (bersama) yang signifikan motivasi dan kedisiplinan terhadap kepuasan siswa SMK Negeri 1 Pemalang dengan koefisien determinasi sebesar 33,8%, sisanya sampai 100% kepuasan siswa dipengaruhi oleh faktor lain di luar model dalam penelitian. Selanjutnya penulis mengajukan saran-saran: (1) Upaya meningkatkan kepuasan siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi belajar siswa yang dapat dilakukan melalui peningkatan sarana dan prasarana serta kualitas proses belajar mengajar; (2) upaya peningkatan kedisiplinan siswa merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan kepuasan siswa, sehingga tingkat kedisiplinan siswa SMK khusunya SMK Negeri 1 Pemalang perlu terus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, kedisiplinan, kepuasan.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2013 01:33
Last Modified: 21 May 2013 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16730

Actions (login required)

View Item View Item