IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS TK / SD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROFESIONAL KEPALA SD


Warun, 1103505085 (2007) IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS TK / SD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROFESIONAL KEPALA SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS TK / SD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROFESIONAL KEPALA SD]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS TK / SD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROFESIONAL KEPALA SD) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu penunjang keberhasilan Kepala Sekolah Dasar adalah efektif tidaknya supervisi dan pembinaan yang dilakukan oleh para Pengawas TK/SD Penelitian tentang Implementasi Supervisi Manajerial pengawas TK/SD diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal terhadap peningkatan kemampuan profesional Kepala Sekolah Dasar yang pada gilirannya berimplikasi terhadap peningkatan mutu Pendidikan Nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujun penelitian ini diharapkan dapat memperoleh diskripsi mengenai: (1) Program pengawasan Pengawas TK/SD dalam meningkatkan kemampuan profesional Kepala SD di Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes, (2) Pelaksanaan pengawasan Pengawas TK/SD dalam membina kemampuan profesional Kepala SD di Kecamatan Banjarharja, Kabupaten Brebes , dan (3) Laporan hasil pengawasan Pengawas TK/SD dalam membina kemampuan profesional Kepala SD di Kecamatan Banjarharja, Kabupaten Brebes. Untuk merealisasikan tujuan tersebut digunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan peningkatan kemampuan profesional Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Banjarharja, Kabupaten Brebes dapat terlaksana dengan baik jika pengawas TK/SD dapat melaksanakan Supervisi dan pembinaan secara efektif yaitu mulai dari perencanaan program, pelaksanaan program hingga laporan hasil pengawasan yang telah direncanakan, keberhasilannya hampir mencapai 75 % terhadap kemampuan profesional Kepala Sekolah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja Kepala Sekolah Dasar untuk keberhasilan tujuan pendidikan yang diinginkan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh Pengawas TK/SD berperan penting dalam merealisasikan Kepala SD yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Pengawas, Kepala SD
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2013 00:24
Last Modified: 21 May 2013 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16728

Actions (login required)

View Item View Item