PENGARUH SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING, SIKAP PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU PEMBIMBING


Turhastuti, 1103505063 (2007) PENGARUH SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING, SIKAP PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU PEMBIMBING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING, SIKAP PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU PEMBIMBING]
Preview
PDF (PENGARUH SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING, SIKAP PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU PEMBIMBING) - Published Version
Download (843kB) | Preview

Abstract

Bimbingan dan konseling memiliki peran yang strategis dalam turut membentuk kepribadian peserta didik secara menyeluruh. Di SMA/MA layanan ini sangat dibutuhkan dalam rangka membantu peserta didik mengembangkan dirinya secara optimal Untuk mencapai tujuan layanan seperti yang diharapkan, salah satunya bergantung kepada kinerja guru pembimbing. Kenyataan masih banyak guru pembimbing melaksanakan tugasnya belum seperti yang diharapkan sesuai dengan konsep tugas pokok guru pembimbing. Kinerja guru pembimbing dipengaruhi oleh sikap profesional (faktor internal) dan supervisi bimbingan dan konseling (faktor eksternal). Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran secara nyata tentang variabel X1, X2 ,Y, pengaruh dari masing-masing variabel terhadap Y dan gambaran pengaruh dari variabel X1 dan X2 secara bersama terhadap Y . Rumusan masalah penelitian ini dijabarkan menjadi enam pertanyaan, yaitu :1) gambaran supervisi bimbingan dan konseling (X1), 2) gambaran sikap profesional guru pembimbing (X2), 3) gambaran kinerja guru pembimbing (Y), 4) pengaruh supervisi bimbingan dan konseling terhadap kinerja guru pembimbing, 5) pengaruh sikap profesional terhadap kinerja guru pembimbing, 6) pengaruh supervisi BK dan sikap profesional secara bersama-sama terhadap kinerja guru pembimbing. Penelitian ini adalah penelitian survei, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Ex post facto. Populasi dan sampel adalah guru pembimbing SMA/MA sekota Magelang dengan jumlah 33 orang responden. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan angket, skala sikap, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan product moment, untuk X1 (supervisi bimbingan dan konseling) jumlah 15 item, tidak valid 1 item. X2 (sikap profesional) jumlah item 20, tidak valid 2 item. Y ( kinerja guru pembimbing) jumlah item 35, tidak valid 3 item. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil, X1 = 0,9050 (reliabel), X2 = 0,8734 (reliabel), Y = 0,9013 (reliabel). Data dianalisa dengan cara deskriptif dan regresi. Uji persyaratan menggunakan uji normalitas data, uji linieritas, uji homogenitas dan uji outokorelasi. Uji hipotesis menggunakan analisa multiple regression, adjusted r squere, uji simultan dan uji parsial. Berdasarkan hasil persepsi guru pembimbing di SMA/MA kota Magelang sebagian besar menyatakan sering disupervisi (87,9%), dan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru pembimbing yaitu nilai t hitung = 2,951 dengan p value = 0,006 (p<0,05). Gambaran sikap profesional secara umum menunjukkan bahwa 75,80% memiliki sikap yang positif terhadap tugas pokoknya, dan sikap ini berpengaruh terhadap kinerja, dengan nilai t hitung = 2,536 dengan p value = 0,017 (p < 0,05). 60,60% dari jumlah guru pembimbing telah melaksanakan layanan bimbingan dan konseling beserta pengelolaannya, dan ada pengaruh yang signifikan antara supervisi BK dan sikap profesional secara bersama-sama terhadap kinerja guru pembimbing, yakni F hitung = 8,804 dengan p value = 0,001 ( p< 0,05) Disarankan supervisor hendaknya meningkatkan perannya secara aktif dalam melaksanakan tugasnya. Guru pembimbing senatiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilanya agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal. Secara khusus untuk mengoptimalkan pelaksanaan layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan konseling perorangan,layanan bimbingan kelompok.. Perlu diadakan penelitian lanjutan tentang kinerja guru pembimbing dengan variabel pengaruh yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Bimbingan dan Konseling, Sikap Profesional, Kinerja Guru Pembimbing
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 May 2013 06:43
Last Modified: 21 May 2013 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16724

Actions (login required)

View Item View Item