PENGELOLAAN PROGRAM KELAS IMERSI OLEH KEPALA SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kota Magelang


Therecia Hastutiningsih, 1103505058 (2007) PENGELOLAAN PROGRAM KELAS IMERSI OLEH KEPALA SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kota Magelang. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN PROGRAM KELAS IMERSI OLEH KEPALA SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kota Magelang]
Preview
PDF (PENGELOLAAN PROGRAM KELAS IMERSI OLEH KEPALA SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kota Magelang) - Published Version
Download (663kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan Program Kelas Imersi didasarkan pada keinginan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang semakin memburuk, dan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing diskala global dengan dasar penguasaan Bahasa Inggris yang bagus sekaligus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Program Kelas Imersi adalah suatu program yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris dalam proses pembelajarannya baik di dalam maupun di luar kelas. Program ini merupakan suatu hal yang baru di Indonesia, teristimewa di Kota Magelang. Dan SMA Negeri 1 Kota Magelang merupakan sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan program tersebut. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui 1). Kekuatan manajemen Kepala Sekolah dalam mengelola program Kelas Imersi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penetapan informan sebagai sumber data menggunakan teknik purposif. Adapun yang menjadi subyek data atau informan adalah Kepala Sekolah, para Wakil Kepala Sekolah, Guru-guru Program Imersi, Siswa-siswa Kelas Imersi dan Karyawan Tata Usaha. Keakuratan data diperoleh melalui trianggulasi, dan analisa data dilakukan dengan : 1). Reduksi data, 2). Penyajian data, dan 3). Penarikan simpulan. Analisa menunjukkan bahwa Kepala SMA Negeri 1 Kota Magelang telah mengelola program dengan baik berdasarkan langkah-langkah manajemen. Pada prinsipnya seluruh anggota tim telah melaksanakan prosedur dengan segenap kemampuan dan diupayakan sedemikian rupa untuk melayani proses pembelajaran menjadi efektif dan menarik untuk siswa Imersi. Dengan memanfaatkan faktor-faktor pendukung yang ada, pencapaian pembelajaran siswa Kelas Imersi lebih baik dari siswa Reguler. Hal ini ditunjukkan melalui hasil akhir Ujian Nasional siswa Imersi pada bulan Juni 2007. Saran yang dapat diberikan agar pihak sekolah, pihak Dinas Pendidikan Provinsi maupun Kota mengupayakan peningkatan penguasaan Bahasa Inggris guru-guru Imersi dan karyawan tata usaha. Dan bagi semua guru secara pribadi hendaknya berupaya untuk meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris mer

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Kelas Imersi, Pengelolaan Program, Perencanaan, Pengorganisasian, Penyusunan Staf, Pengarahan dan Pengawasan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 May 2013 03:48
Last Modified: 21 May 2013 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16723

Actions (login required)

View Item View Item