EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN KARYA ILMIAH PENGEMBANGAN PROFESI GURU SEKOLAH MENENGAH DI PROVINSI JAWA TENGAH
Eris Yunianto, 1102504002 (2007) EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN KARYA ILMIAH PENGEMBANGAN PROFESI GURU SEKOLAH MENENGAH DI PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN KARYA ILMIAH PENGEMBANGAN PROFESI GURU SEKOLAH MENENGAH DI PROVINSI JAWA TENGAH)
- Published Version
Download (686kB) | Preview |
Abstract
Bimbingan teknis penulisan karya ilmiah pengembangan profesi guru sekolah menengah merupakan kegiatan profesionalisasi guru yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan apresiasi guru terhadap konsep maupun aplikasi praktis penyusunan karya tulis ilmiah pengembangan profesi guru khususnya penelitian tindakan kelas. Adapun sasaran kegiatan adalah sejumlah guru sekolah menengah (SMA dan SMK) yang berstatus pegawai negeri sipil dan menduduki pangkat IV A se Jawa Tengah. Model yang diyakini mampu merespresentasikan pencapaian tujuan kegiatan adalah model in-on berkesinambungan yang dilaksanakan dalam tiga tahapan. Tahap satu : peserta mengikuti pembelajaran dan pembimbingan selama 60 jam pembelajaran @ 45 menit dengan target menyelesaikan satu proposal penelitian tindakan kelas. Tempat pelaksanaan di Wisma Tulodho Universitas Negeri Semarang. Tahap dua : pembimbing mengunjungi peserta untuk memantau membimbing dan memotivasi penyelesaian karya tulis ilmiah tindak lanjut proposal. Tahap tiga : peserta mengikuti bimbingan untuk mereview karya tulis ilmiah yang telah disusun dan difasilitasi sarana untuk revisi. Alokasi kegiatan 30 jam pelajaran @ 45 menit dan bertempat di Wisma Tulodho Universitas Negeri Semarang. Artinya, realisasi model ini dipahami sebagai proses fasilitasi penulisan karya ilmiah pengembangan profesi guru mulai dari 0 % sampai dengan selesai dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Penelitian evaluatif terhadap pelaksanaan bimbingan teknis penulisan karya ilmiah pengembangan profesi guru di Provinsi Jawa Tengah ini dilaksanakan dengan tujuan : 1) Menggali data tentang Inputs (masukan), Processes (Proses), Products (keluaran), dan Outcomes (hasil) pelaksanaan bimbingan teknis penulisan karya ilmiah pengembangan profesi guru Sekolah Menengah Provinsi Jawa Tengah, 2) Mengukur tingkat keberhasilan dan kelebihan maupun kelemahan pelaksanaan bimbingan teknis penulisan karya ilmiah pengembangan profesi guru Sekolah Menengah Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain evaluasi restropektif, yaitu evaluasi program setelah program diterapkan dalam jangka waktu tertentu. Evaluasi dipusatkan pada masalah-masalah dan kendala-kendala yang terjadi selama implementasi program sehingga penelitian terfokus pada komponen masukan (inputs), proses (processes), keluaran (products) dan hasil (outcomes). Hasil penelitian evaluasi kegiatan menemukan beberapa fakta sebagai berikut : 1) peserta belum memiliki bekal kemampuan berpikir reflektif, 2) asrama peserta tidak layak, 3) sarana penunjang praktikum peserta tidak sebanding dengan jumlah peserta, 4) kujungan pembimbingan lapangan intensitasnya masih kurang, 5) materi pokok penelitian tindakan kelas belum menyentuh aplikasi praktis, 6) alokasi waktu praktikum kurang, 7) layanan panitia memuaskan tetapi perlu ditingkatkan pada layanan akademis, 8) Kompetensi dan pola komunikasi nara sumber pembimbing tidak perlu diragukan tetapi perlu peningkatan komitmen pelaksanaan tugas, 9) peningkatan pemahaman dan apresiasi peserta tidak sebanding dengan jumlah naskah karya tulis ilmiah yang dihasilkan, 10) Dokumen karya tulis ilmiah terhimpun 60 naskah tahun 2004 dan 63 naskah tahun 2005, 11) tindak lanjut yang diharapkan berupa kemandirian untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas belum terwujud. Simpulan hasil penelitian terhadap pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis penulisan karya ilmiah pengembangan profesi guru sekolah menengah tahun 2004 dan 2005 adalah sebagai berikut 1) bimbingan teknis telah dilaksanakan dengan baik sehingga mampu meningkatkan pemahaman dan apresiasi peserta terhadap penulisan karya ilmiah dan penelitian tindakan kelas, 2) Peningkatan pemahaman dan apresiasi peserta belum berhasil meningkatkan kemampuan reflektif peserta yang berupa kemauan dan kemampuan untuk berpikir mengenai apa yang sedang dilakukan, bagaimana melakukan, mengapa melakukan dan bagaimana melakukan lebih efektif lagi, 3) rendahnya kemampuan reflektif peserta berdampak pada produktifitas penyelesaian naskah karya tulis ilmiah hasil penelitian tindakan kelas dan tindak lanjut yang diharapkan belum memuaskan. Dengan demikian bimbingan teknis penulisan karya ilmiah pengembangan profesi guru Sekolah Menengah belum memberikan konstribusi yang berarti dalam meningkatkan produktifitas pengembangan profesi guru Sekolah Menengah. Rekomendasi penelitian menegaskan bahwa kegiatan bimbingan teknis penulisan karya ilmiah pengembangan profesi guru sekolah menengah tetap dilaksanakan dengan memperbaiki berbagai kelemahan yang diakui menjadi faktor penghambat pencapaian tujuan. Oleh karena itu peneliti mengajukan model bimbingan teknis in-on kolaboratif, yaitu model bimbingan teknis yang merujuk model in-on dengan pengembangan pada aspek kolaboratif dengan “pihak lain”. Pihak lain dimaksud adalah lembaga atau individu yang memiliki kompetensi pada penulisan ilmiah khususnya penelitian tindakan kelas yang diakui kredibilitasnya. Dalam konteks ini ditawarkan dua pilihan yaitu: 1) pada dosen Perguruan Tinggi (PT) atau Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang dikerjasamakan sebagai bagian pengembangan profesi dosen, atau 2) para guru senior yang telah menduduki pangkat IV B dalam bentuk mentoring. Selanjutnya dalam rangka mendukung efektifitas kegiatan dipandang perlu pengembangan media dan/atau wahana yang respresentatif terhadap peningkatan budaya bersaing dan berkompetisi bagi para guru pada aspek pengembangan profesi guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan teknis penulisan karya ilmiah, penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 May 2013 02:56 |
Last Modified: | 21 May 2013 06:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16718 |
Actions (login required)
View Item |