ANALISIS KOMPETENSI TUTOR PENDIDIKAN KESETARAAN DALAM PEMBELAJARAN DI PROPINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008

Imron Masykuri, 1102503002 (2008) ANALISIS KOMPETENSI TUTOR PENDIDIKAN KESETARAAN DALAM PEMBELAJARAN DI PROPINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KOMPETENSI TUTOR PENDIDIKAN KESETARAAN DALAM PEMBELAJARAN DI PROPINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008) - Published Version
Download (278Kb)

    Abstract

    Tutor merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran pendidikan kesetaraan, yang diselenggarakan dalam bentuk Kejar Paket A setara SD, Kejar Paket B setara SLTP dan Kejar Paket C setara SMA. Keberhasilan yang dicapai oleh warga belajar sangat ditentukan oleh cara dan kemampuan tutor dalam menyampaikan bahan ajar. Tutor idealnya harus memiliki kemampuan-kemampuan (kompetensi) tertentu yang merupakan prasyarat penting untuk melaksanakan tugas pembelajaran program kesetaraan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kemampuan (kompetensi) tersebut dapat berupa gambaran profil kompetensi tutor pendidikan kesetaraan yang terpetakan sehingga mampu menggambarkan keadaan / profil tutor dalam pembelajaran di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil sesungguhnya tutor pendidikan kesetaraan di Jawa Tengah dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluasi, karena bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan yang dimiliki maupun dibutuhkan untuk peningkatan kinerja tutor pada program kesetaraan. Penelitian ini dilakukan pada Kelompok Belajar Pendidikan Kesetaraan yang tersebar di 35 kabupaten/ kota di wilayah Propinsi Jawa Tengah. Populasi pada penelitian ini adalah tutor yang tersebar pada 562 kelompok belajar di 6 wilayah eks karesidenan di Propinsi Jawa Tengah. Jumlah sampel sebesar 234 ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan teknik instrumentasi, sedangkan data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Dari penelitian ini diperoleh hasil ; pada tingkat propinsi kompetensi personal sosial memperoleh mean 3,508 dengan kategori cukup. Kompetensi budaya memperoleh mean 3,542 dengan kategori cukup, kompetensi pedagogik memperoleh mean 3,549 dengan kategori cukup serta kompetensi profesional dengan mean 3,550 dengan kategori cukup. Pada tingkatan karesidenan, kompetensi tutor di wilayah Karesidenan Banyumas menduduki urutan paling bawah dengan mean 3,520. Sedangkan pada kategori kompetensi tingkat kabupaten, Kota Salatiga memperoleh skor rata-rata paling rendah yaitu 3,405. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pemangku keputusan yang bersinggungan langsung dengan program peningkatan kualitas tutor kesetaraan agar memfasilitasi terselenggaranya diklat teknis yang terfokus pada peningkatan kompetensi tutor pendidikan kesetaraan sehingga kualitas pembelajaran program kesetaraan semakin meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pendidikan Kesetaraan, Pembelajaran
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 09 May 2013 22:22
    Last Modified: 21 May 2013 02:59

    Actions (login required)

    View Item