PENGARUH SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA MAGELANG


Edi Wahjanto,, 1103504047 (2007) PENGARUH SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA MAGELANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA MAGELANG]
Preview
PDF (PENGARUH SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA MAGELANG) - Published Version
Download (520kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar siswa dapat tercapai tidak terlepas dari usaha guru dan kepala sekolah yang secara terus menerus bekerjasama untuk menciptakan terjadinya proses pembelajaran secara efektif. Kepala sekolah sebagai penanggung jawab utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah diharapkan melakukan pembinaan kompetensi guru agar dapat berkinerja secara maksimal. Pembinaan kemampuan profesional guru dapat dilakukan melalui supervisi kunjungan kelas sehingga berdampak pada pencapaian prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, masalah umum yang dikemukakan adalah apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru dan prestasi belajar siswa SMA Negeri se Kota Magelang. Sesuai dengan model hubungan antar variabel, maka jenis penelitian yang dipilih adalah analisis jalur (path analysis) menggunakan data yang bersifat ex post facto dikumpulkan dari sampel secara proporsional random berjumlah 155 orang guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang sudah divalidasi secara empirik terhadap 30 orang guru SMA Negeri Kota Magelang yang tidak termasuk sampel penelitian. Dengan teknik analisis jalur ditemukan hasil sebagai berikut. Pertama, prestasi belajar siswa merupakan refleksi keberhasilan siswa dalam belajar, secara bersama-sama dipegnaruhi oleh supervisi kunjungan kelas, kompetensi guru dan kinerja guru diperoleh R2 = 0,674. Ini berarti prestasi belajar siswa SMA Negeri se Kota Magelang sebesar 67,4% variasinya dipengaruhi secara bersama-sama oleh supervisi kunjungan kelas, kompetensi guru dan kinerja guru. Sedangkan 32,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model yang dispesifikasikan. Namun pengaruh secara langsung masing-masing variabel bebas terhadap prestasi belajar siswa bervariasi. Kinerja guru mempunyai pengaruh langsung paling besar dengan koefisien terstandar beta sebesar 0,380, sedangkan yang paling kecil pegnaruhnya terhadap prestasi belajar adalah supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah denga koefisien terstandar beta sebesar 0,200. Kedua, pengaruh tidak langsung terhadap kierja kepala sekolah juga ditemukan dari supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah dan kompetensi guru masing-masing mempunyai sumbangan efektif sebesar 9,9%, dan 23,0%. Hal ini berarti prestasi belajar siswa SMA Negeri se Kota Magelang secara tidak langsung variasinya sebesar 9,9% dipengaruh oleh supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah, 23,0% oleh kompetensi guru. Ketiga, pengaruh langsung terhadap kinerja guru juga ditemukan dari supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah dan kompetensi guru masing-masing dengan sumbangan efektif sebsar 30,6% ditemukan dari supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah, dan kompetensi guru masing-masing dengan sumbangan efektif sebesar 30,6% dan 47,3%. Dengan temuan ini berarti variasi tenaga guru sebesar 30,6% ditentukan seupervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah dan 47,3% oleh kompetensi guru. Pada temuan tersebut, kompetensi guru mempunyai pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan variabel supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: supervisi kunjungan kelas, kinerja guru, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 May 2013 02:03
Last Modified: 21 May 2013 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16714

Actions (login required)

View Item View Item