PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KREATIVITAS GURU IPA SMP NEGERI SE KOTA PEKALONGAN
Teguh Apriyanto, 113505040 (2007) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KREATIVITAS GURU IPA SMP NEGERI SE KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KREATIVITAS GURU IPA SMP NEGERI SE KOTA PEKALONGAN)
- Published Version
Download (358kB) | Preview |
Abstract
Kreativitas dalam pembelajaran merupakan bagian yang penting dan perlu dikuasai oleh guru terutama guru IPA yang mengajarkan ilmu yang dinamis dan selalu berkembang. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru cenderung bekerja sebagai rutinitas yang harus dijalankan, bahkan dalam pembelajaran di ruang kelas sebagai proses pencekokkan yang mengkerdilkan kreativitas siswa. Apakah kondisi serupa dialami oleh guru-guru IPA di Kota Pekalongan? Bagaimana pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah dam iklim organisasi secara parsial dan simultan terhadap kreativitas guru IPA SMP Negeri di Kota Pekalongan? Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 guru IPA se Kota Pekalongan. Adapun variabel yang diteliti adalah kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi sebagai variabel bebas dan kreativitas sebagai variabel terikat. Data diperoleh dari kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap krativitas guru IPA SMP se kota Pekalongan yaitu sebesar 12%. Menurut persepsi guru IPA, kepemimpinan kepala sekolah masih tergolong cukup, sehingga berpengaruh pula pada kreativitas guru IPA yang tergolong cukup. Iklim organisasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru IPA SMP se Kota Pekalongan yaitu sebesar 48,9%. Iklim organisasi yang tercipta di lingkungan SMP Negeri se Kota Pekalongan cenderung cukup, sehingga berdampak pada kreativitas guru IPA yang kurang optimal.Kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru IPA SMP Negeri se Kota Pekalongan yaitu sebesar 72,3%. Melihat bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan krativitas guru IPA, maka disarankan kepada kepala sekolah untuk mengupayakan peningkatan kualitas manajemen, terutama berhubungan silaturahmi, keterbukaan dalam permasalahan bersama, menciptakan suasana yang lebih kondusif dan memberi motivasi kepada guru terutama yang belum mencapai keberhasilan dalam mengajar. Melihat bahwa iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas guru IPA, perlu diupayakan dari kepala sekolah sebagai penggerak organisasi dan diikuti oleh semua civitas sekolah untuk lebih terbuka, mendukung ide-ide krativitas guru, memberikan dana khusus dan pengharagaan untuk pengembangan kretavitas guru, memberikan kesempatan memaparkan penemuan atas kreativitas guru di depan guru-guru lain dan mengembangkan diskusi, sehingga kreativitas guru dapat lebih ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi, kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 May 2013 02:04 |
Last Modified: | 21 May 2013 06:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16713 |
Actions (login required)
View Item |