PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DAN KURIKULUM YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK/DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE (DAP) PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi kasus pada Kelompok Bermain Bunga Bangsa)

Kunarti, 1102504003 (2008) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DAN KURIKULUM YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK/DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE (DAP) PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi kasus pada Kelompok Bermain Bunga Bangsa). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DAN KURIKULUM YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK/DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE (DAP) PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi kasus pada Kelompok Bermain Bunga Bangsa)) - Published Version
Download (1155Kb)

    Abstract

    Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu upaya yang fundamental untuk dapat menciptakan kualitas sumber daya manusia. Berdasarkan kajian neorologi menyebutkan bahwa 50% perkembangan kapasitas intelektual anak sudah selesai pada usia 4 tahun pertama, dan mancapai 80% pada usia 8 tahun. Ini artinya penyiapan kualitas sumber daya manusia hanya akan dicapai apabila anak sejak dini sudah mendapatkan stimulasi pendidikan. Berkaitan dengan itu Direktorat PAUD Depdiknas terus berupaya mencari pendekatan pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini, dan BCCT merupakan pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan oleh Direktorat PAUD untuk penyelenggaraan program PAUD non formal. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Bermain Bunga Bangsa Semarang, berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan, Kelompok Bermain Bunga Bangsa dalam proses pembelajarannya telah menerapkan pendekatan BCCT. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kelompok Bermain Bunga Bangsa dalam menerapkan pendekatan BCCT, yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pendekatan BCCT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang analisis datanya mengacu model Miles & Huberman dengan langkah-langkah (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Bermain Bunga Bangsa dalam menerapkan pendekatan pembelajaran BCCT diawali dengan mempersiapkan tenaga-tenaga pendidik agar memahami benar tentang BCCT. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kelompok Bermain Bunga Bangsa telah mengacu pada buku pedoman pembelajaran BCCT yang dikeluarkan Direktorat PAUD Depdiknas, dengan tahapan-tahapan pijakan lingkungan main, sebelum main, saat main dan setelah main. Adapun evaluasi pembelajaran dilakukan melalui observasi, dan portofolio. Kekuatan Kelompok Bermain Bunga Bangsa adalah mampu memanfaatkan rumah tempat tinggal sebagai tempat pembelajaran, menciptakan alatalat permainan edukatif dari barang bekas serta semangat dan kreatifitas pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Akan tetapi terkadang kesulitan untuk menerapkan sesuai dengan padoman BCCT , kesulitan tersebut adalah masih terbatasnya buku-buku pendukung sebagai sumber informasi bagi Pendidik. Bertolak dari hasil penelitian tersebut maka direkomendasikan kepada Kelompok Bermain Bunga Bangsa untuk terus menggali lebih jauh tentang prinsipprinsip atau inti pembelajaran BCCT, dan lebih menekankan pada prinsip pembelajaran untuk anak usia dini yang sesuai dengan perkembangan anak/ Developmentally Appropriate Practice (DAP), sehingga dapat memberikan layanan pendidikan bagi anak usia dini.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Beyond Centers And Circle Time (BCCT),Kurikulum Perkembangan Anak/Developmentally Appropriate Practice (DAPP)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 09 May 2013 21:40
    Last Modified: 21 May 2013 02:43

    Actions (login required)

    View Item