TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM RUBRIK CARNET DE VOYAGE PADA MAJALAH GEO ADO


Himatul Mar’ah , 2350406001 (2010) TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM RUBRIK CARNET DE VOYAGE PADA MAJALAH GEO ADO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM RUBRIK CARNET DE VOYAGE PADA MAJALAH GEO ADO] PDF (TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM RUBRIK CARNET DE VOYAGE PADA MAJALAH GEO ADO) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Dalam pragmatik, bertutur itu tidak hanya mengatakan sesuatu, tetapi juga sekaligus melakukan sesuatu, seperti menyuruh, meminta, mempengaruhi, memohon dll. Untuk mempengaruhi mitra tutur/ pembaca yang disasar, penutur sebaiknya pintar-pintar meyakinkan mitra tutur berkenaan dengan informasi yang disampaikannya, yakni informasi yang lebih aktual, terkini, menarik, dan tentunya informasi tersebut menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan segmen pembaca. Penelitian ini membahas dua permasalahan, yakni (1) tindak tutur ilokusi apa saja yang muncul dalam rubrik Carnet de Voyage pada majalah Geo Ado dan (2) fungsi pragmatis tindak tutur apa saja yang muncul dalam rubrik Carnet de Voyage pada majalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam rubrik Carnet de Voyage pada majalah Geo Ado beserta fungsi pragmatisnya. Objek penelitian ini adalah beberapa tuturan pada rubrik tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah majalah remaja berbahasa Prancis Geo Ado edisi bulan April, Mei, dan Juni yang terbit pada tahun 2009. Teknik pemerolehan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis keseluruhan data menggunakan metode padan dengan submetode pragmatis serta teknik dasar pilah unsur penentu (PUP) dengan teknik lanjutan HBS dan HBSP. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal, dan metode tersebut sekaligus merupakan teknik informal. Berdasarkan analisis data penelitian, ditemukan 32 data yang meliputi 13 tindak tutur representatif dengan maksud menyatakan dan menunjukkan; 1 tindak tutur direktif dengan maksud menyarankan; 15 tindak tutur ekspresif dengan maksud memuji; 3 tindak tutur komisif dengan maksud melakukan sesuatu, membuat mengerti dan memperingatkan. Dari data yang ditemukan, semua tindak tutur tersebut tidak bermarkah verba-verba tertentu melainkan melalui konteks. Tindak tutur deklarasi tidak ditemukan dalam rubrik Carnet de Voyage karena dalam konteks ini, remaja tidak mempunyai tendensi khusus untuk menciptakan hal, status, dan keadaan yang baru seputar perjalannya, melainkan mereka cenderung mengekspresikan diri mereka sendiri sehingga tindak tutur ilokusi ekspresif ditemukan 15 data dari 32 data. Dengan demikian, dari keempat tindak tutur di atas, tindak tutur ekspresif adalah yang paling dominan disusul dengan tindak tutur representatif. Penutur merasa senang dan puas atas perjalanannya sehingga ia banyak mengungkapkan ekspresi senang dalam rubrik tersebut. Tindak tutur representatif terlihat dari banyaknya informasi-informasi mengenai le voyage yang ditunjukkan dalam kala passé yang menandakan bahwa peristiwa-peristiwa yang dialami penutur sudah terjadi. Selanjutnya, adanya tindak tutur komisif menggarisbawahi bahwa penutur tidak sekedar bertutur saja melainkan mengekspresikan diri mereka sendiri yang terlihat dengan apa yang dikatakannya. Dengan alasan tersebut, tuturan penutur semakin mendukung tujuan dari terbitnya majalah Geo Ado, yaitu membuat pembaca tertarik dan secara tidak langsung mempengaruhi emosi pembaca (remaja) agar melakukan perjalanan (faire le voyage).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur Ilokusi, Rubrik Carnet De Voyage, dan Majalah Geo Ado.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 07:38
Last Modified: 25 Apr 2015 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item