PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MELALUI LESSON STUDY DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN


Lily Sulistiyawati , 4401406542 (2010) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MELALUI LESSON STUDY DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MELALUI LESSON STUDY DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN] PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MELALUI LESSON STUDY DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN) - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Biologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena alam dan penerapannya untuk membangun teknologi yang berguna dalam kehidupan masyarakat. Bioteknologi merupakan salah satu materi dalam pembelajaran Biologi yang berkaitan dengan pemanfaatan mikroorganisme dan sistem hayati untuk menghasilkan barang dan jasa melalui metode ilmiah. SMA Negeri 1 Pekalongan masih kesulitan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada kajian Bioteknologi. Pembelajaran Bioteknologi masih bersifat teoritis, jarang dilakukan aplikasi yang dapat mengkorelasikan materi yang diperoleh dengan situasi di sekitarnya. Hal ini berdampak pada aktivitas siswa dalam pembelajaran. Selain itu, hasil belajar siswa belum mencapai 100% ketuntasan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di SMA Negeri 1 Pekalongan adalah menggunakan pendekatan JAS dengan desain praktikum, diskusi, dan penugasan melalui lesson study. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bioteknologi yang meliputi aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan JAS melalui lesson study. Penelitian dilakukan pada kelas XII A2 dengan 4 kali lesson study yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Sumber data yang diambil meliputi aktivitas siswa dalam diskusi dan praktikum, hasil belajar siswa, tanggapan siswa, kinerja dan tanggapan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai kriteria ≥80 pada lesson study I, II, III, dan IV berturut-turut 78%, 88%, 98%, dan 100%. Hasil belajar siswa yang mencapai kriteria tuntas atau ≥70 pada lesson study I, II, III, dan IV berturut-turut 83%, 98%, 100%, dan 100%. Sebanyak 81% siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap pembelajaran. Hal ini didukung oleh data kinerja guru pada lesson study I, II, III, dan IV berturut-turut 50% (sedang), 73% (baik), 77% (baik), dan 85% (sangat baik). Guru pun memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan JAS melalui lesson study. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan JAS dengan desain praktikum, diskusi dan penugasan melalui lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bioteknologi yang meliputi aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 1 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, bioteknologi, pendekatan JAS, lesson study.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 06:34
Last Modified: 25 Apr 2015 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item View Item