PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN PKn DI SMP SEKECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Puput Pujatama , 3401405025 (2010) PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN PKn DI SMP SEKECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN PKn DI SMP SEKECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN PKn DI SMP SEKECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (503kB)

Abstract

(KTSP) bukanlah kurikulum yang harus diterima dan dilaksanakan apa adanya, melainkan masih dapat dikembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. Hal itu dilakukan sepanjang tidak menyimpang dari pokok-pokok yang telah digariskan secara nasional. Guru PKn sebagai salah satu pengembang kurikulum berada dalam kedudukan yang menentukan. Sebagai pengembang seperangkat kurikulum di lapangan guru PKn dituntut untuk memiliki peran profesional yang harus dikerjakan secara disiplin dengan memahami, menghayati, dan mengerti kandungan nilai dan moral Pancasila, serta berkesanggupan pula untuk melaksanakanya dilapangan. Seorang guru PKn dituntut untuk mempunyai kompetensi dalam memahami kurikulum dan mampu menjabarkanya dalam implementasi di lapangan melalui pengembangan silabus dan RPP. Melalui pengembangan silabus dan RPP yang tepat, guru PKn diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui berbagai stimulus yang dikemas dalam pengalaman belajar yang bermakna. Pada kenyataanya, kendala pengembangan kurikulum di sekolah seringkali bersumber dalam diri guru. Guru biasanya lebih senang dengan tradisi atau kebiasaan yang mereka praktikkan. Mereka jarang melakukan eksperimen ataupun perubahan dalam mengembangkan kurikulum, karena memakan waktu. Guru lebih senang menerima bahan (silabus, RPP) yang telah tersedia, misalnya yang telah dikembangkan guru lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran PKn di SMP se-Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode interaksi dengan tahap-tahap analisis data adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan KTSP mata pelajaran PKn di SMP se-Kecamatan Gunungpati adalah sebagai berikut: 1) proses pengembanagan silabus pada SMPN dilakukan secara berkelompok dengan membentuk kelompok guru mata pelajaran, sedangkan pada SMP/MTs swasta dilakukan secara mandiri; 2) ada kecenderungan silabus dan RPP yang digunakan oleh guru-guru PKn masih menunjukan keseragaman yang tinggi, karena dikembangkan di forum tingkat kota pada forum MGMP; 3) penggunaan ranah kompetensi dalam pengembangan silabus cenderung masih mengunakan ranah kognitif saja; 4) guru PKn mengalami kesulitan untuk memahami dan memaknai SK-KD; 5) guru Pkn dalam mengembangkan komponen langkah-langkah pembelajaran belum mencerminkan proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Dalam proses pengembangan KTSP guru-guru PKn menemui kendala-kendala antara lain: terbatasnya waktu dalam mengembangkan silabus maupun RPP serta kurangnya sosialisasi dan pelatihan mengenai pengembangan KTSP. Saran yang diberikan yaitu guru-guru PKn dapat mengatasi kendala terbatasnya waktu dengan menerapkan budaya mengoptimalkan waktu pada jamjam dinas di sekolah dengan penuh kesadaran dan tetap mau berfikir kritis, dan berkreativitas dalam mengembangkan kurikulum. Sebaiknya sosialisasi dari dinas pendidikan kota dilakukan secara rutin agar guru-guru PKn sebagai pribadi yang memiliki tanggung jawab langsung terhadap kemajuan belajar siswanya mampu mengembangkan silabus secara mandiri yang sesuai dengan kompetensi mengajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, KTSP, PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 03:45
Last Modified: 25 Apr 2015 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item