Pembinaan Vocational Skill Guna Pelaksanaan Life Skill (Studi Kasus di SMA PGRI 3 Tayu)
Irfan Sidik Permana , 3401408013 (2012) Pembinaan Vocational Skill Guna Pelaksanaan Life Skill (Studi Kasus di SMA PGRI 3 Tayu). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pembinaan Vocational Skill Guna Pelaksanaan Life Skill (Studi Kasus di SMA PGRI 3 Tayu))
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Lulusan SMA tidak semuanya meneruskan ke jenjang perguruan tinggi. Data BPS tahun 2010 menyatakan, lulusan SMA yang dapat melanjutkan jenjang SMA hanya bekisar antara 18% sampai dengan 20%. Hal tersebut kalau tidak segera diatasi akan menjadi beban bagi masyarakat sekitar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) apa saja vocational skill yang dikembangkan di SMA PGRI 3 Tayu? (2) bagaimana pihak sekolah mengajarkan pembinaan vocational skill di SMA PGRI 3 Tayu? (3) hambatan dan daya dukung apa saja yang terdapat dalam usaha pembinaan vocational skill guna pelaksanaan life skill di SMA PGRI 3 Tayu? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMA PGRI 3 Tayu. Fokus penelitian ini adalah macam-macam vocational skill yang diajarkan, pelaksanaan pembinaan vocational skill, hambatan dan daya dukung pelaksanaan pembinaan vocational skill. Sumber data penelitian adalah orang yaitu Kepala Sekolah SMA PGRI 3 Tayu, Pembina Pramuka SMA PGRI 3 Tayu, Ketua OSIS SMA PGRI 3 Tayu, siswa SMA PGRI 3 Tayu dan dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber tertulis yang berupa buku, sumber arsip, dokumen resmi di SMA PGRI 3 Tayu, yaitu be-rupa catatan kondisi fisik sekolah, struktur organisasi sekolah, perangkat pembela-jaran sekolah, foto proses pembinaan mental kewirausahaan. Metode pengumpu-lan data yang digunakan yaitu dengan metode wawan-cara, observasi dan metode dokumentasi. Vocational skill yang diajarkan di SMA PGRI 3 Tayu kepada siswanya diantaranya yaitu keterampilan menanam buah pepaya, menanam buah naga, me-nanam bunga anggrek, menanam bunga soka, menanam tanaman bakau, membuat pupuk organik, membuat telur asin, membuat alat penetas telur bebek, otomotif, kecantikan, menanam bunga antorium, beternak ayam, beternak ikan lele, mar-ching band, pramuka. Faktor daya dukung dalam pelaksanaan pembinaan keterampilan vocational skill di SMA PGRI 3 Tayu, diantaranya yaitu tersedia-nya sarana dan prasarana, tersedianya dana, tersedianya guru atau tenaga pengajar, adanya dukungan dari pihak orang tua siswa itu sendiri, adanya dukungan dari pihak pemerintah dan adanya dukungan dari dunia usaha. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembinaan keterampilan vocational skill di SMA PGRI 3 Tayu, diantaranya kurangnya lahan yang tersedia untuk kegiatan pelaksanaan pembinaan keterampilan tersebut, siswa masih cenderung memiliki pemikiran un-tuk menjadi seorang PNS dan karyawan pada perusahaan-perusahaan bonafit. Upaya untuk mengatasi hambatan pada pelaksanaan pembinaan keterampilan vocational skill di SMA PGRI 3 Tayu, antara lain bekerja sama dengan dinas atau instansi terkait, sarana lahan untuk usaha dalam jangka waktu tertentu
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Vocational Skill, Life Skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 03 Nov 2012 12:00 |
Last Modified: | 03 Nov 2012 12:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16208 |
Actions (login required)
View Item |