Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Melalui Model Example Non Example disertai Pemutaran Film Dokumenter Zaman Pra Sejarah Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran


Dony Irawan, 3101408003 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Melalui Model Example Non Example disertai Pemutaran Film Dokumenter Zaman Pra Sejarah Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Melalui Model Example Non Example disertai Pemutaran Film Dokumenter Zaman Pra Sejarah Pada Kelas VII  SMP Negeri 2 Tengaran] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Melalui Model Example Non Example disertai Pemutaran Film Dokumenter Zaman Pra Sejarah Pada Kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 2 Tengaran menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melakukan variasi dalam proses pembelajaran. Peneliti juga menemukan kurang aktifnya siswa pada saat pembelajaran berlangsung, proses pembelajaran yang monoton seperti ini dikhawatirkan dapat menurunkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan dengan model Example Non Example disertai Pemutaran film dokumenter zaman pra sejarah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kontekstual melalui model example non example disertai pemutaran film dokumenter zaman pra sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kontekstual melalui model example non example disertai pemutaran film documenter zaman pra sejarah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Metode ini adalah dirancang untuk sebagai suatu tindakan kelas yang berkolaborasi dengan melibatkan guru IPS, peneliti dan guru bersama-sama melaksanakan penelitian. Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada dua siklus, setiap siklus ada empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, tahap refleksi. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan didalam penulisan ini adalah teknik analisis deskriptif persentase. Sebelum diadakannya penelitian (pra siklus) nilai rata-rata kelas menunjukkan 70,11 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 69,4%. Setelah dilakukan penelitian, hasil belajar siswa siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 74,89 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 86,1%. Sedangkan pada siklus 2 menunjukkan nilai rata-rata kelas 81 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91,7%. Dengan demikian berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dicapai oleh siswa, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan model example non example disertai pemutaran film dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Media Film Dokumenter
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Nov 2012 11:27
Last Modified: 03 Nov 2012 11:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16201

Actions (login required)

View Item View Item