Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Tingkat Partisipasi Anak Pada Jenjang Pendidikan Tinggi (Studi Kasus di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2012)

Agus Arifin , 3201408015 (2012) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Tingkat Partisipasi Anak Pada Jenjang Pendidikan Tinggi (Studi Kasus di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang adalah salah satu dari 177 Kelurahan di Kota Semarang. Warga Kelurahan Patemon keberadaan lingkungannya sekarang cukup dinamis dan terlihat banyak perubahan. Perubahan ini disebabkan adanya dinamika Universitas Negeri Semarang. Keberadaan warga Patemon khususnya dibidang pendidikan anak kondisinya masih jauh tertinggal terbukti masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat bahkan generasi mudanya tingkat pendidikannya juga masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap partisipasi anak pada jenjang pendidikan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 203. Selanjutnya dilakukan tinjauan pustaka, penyusunan variabel penelitian, kisi-kisi dan angket penelitian, metode penelitian, hipotesis penelitian dan statistik, pengumpulan data menggukan angket responden yaitu 50 orang responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non proporsional sampling. Selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan menggunakan model SPSS under windows versi 16, analisa data dan pembahasan secara kuantitatif dan kualitatif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear dan pengujian hipotesis menggunakan uji f, uji t dan uji determinasi antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Kondisi sosial ekonomi keluarga di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang kriteria sedang. Tingkat partisipasi anak pada jenjang pendidikan tinggi di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yaitu kriteria rendah. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan (t hitung > cronbach’s alpha 1%) antara kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap partisipasi anak pada jenjang pendidikan tinggi, baik secara parsial maupun simultan. Uji asumsi klasik tidak menunjukkan adanya otokorelasi, tidak ada multikolinier, tidak ada heteroskedastisitas dan distribusi data normal. Hasil adjusted R square menunjukkan koefisien determinasi (R²) adalah 19,7% sehingga variabel kondisi sosial ekonomi keluarga berpengaruh rendah terhadap partisipasi anak pada jenjang pendidikan tinggi di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, sedangkan sisanya 80,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijadikan indikator dalam penelitian ini. Regresi rendah, banyak anak orang kaya yang tidak kuliah di perguruan tinggi. Berdasarkan simpulan penelitian disarankan agar: 1) Orang tua anak sebaiknya tetap konsisten dengan fungsi, peran orang tua yang baik sehingga pendidikan anak tetap diutamakan meskipun biaya hidup semakin lama semakin besar. 2) Posisi selaku anak sebaiknya lebih bisa memikirkan masa depan, jangan mengandalkan orang tua, karena orang tua tidak akan mendampingi kita terus. 3) Pendidikan tinggi memang penting bagi anak sehingga orang tua perlu mendampingi dan membiayai dan anak juga harus memahami keberadaan orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sosial Ekonomi, Pendidikan Tinggi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Nov 2012 07:10
Last Modified: 03 Nov 2012 07:10

Actions (login required)

View Item