Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Tingkat Partisipasi Anak Keluarga Petani untuk Melanjutkan Sekolah pada Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Desa Dadap Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang


Satriyo Utomo , 3201407036 (2012) Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Tingkat Partisipasi Anak Keluarga Petani untuk Melanjutkan Sekolah pada Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Desa Dadap Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Tingkat Partisipasi Anak Keluarga Petani untuk Melanjutkan Sekolah pada Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Desa Dadap Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang] Microsoft Word (Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Tingkat Partisipasi Anak Keluarga Petani untuk Melanjutkan Sekolah pada Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Desa Dadap Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kecerdasan dan keterampilan manusia. Untuk mencapai tingkat pendidikan yang tinggi diperlukan dukungan dari beberapa faktor diantaranya adalah faktor ekonomi, lingkungan dan akseblitas. Rumusan masalah yang dimaksud dalam penelitian ini adalah faktor apa sajakah penyebab lulusan SMP tidak melanjutkan ke jenjang SMA pada masyarakat petani Desa Dadap Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang? Tujuan yang diharapkan dalam penulisan ini adalah mengetahui faktor-faktor penyebab lulusan SMP tidak melanjutkan ke jenjang SMA pada masyarakat petani Desa Dadap Mulyo Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Populasi penelitian ini adalah kepala keluarga petani yang mempunyai anak lulusan SMP yang tidak melanjutkan ke jenjang SMA yang berjumlah 128 kepala keluarga. Teknik sampling yang digunakan adalah proposional random sampling. Populasi diambil sebanyak 25% sehingga berjumlah 32 kepala keluarga. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab lulusan SMP tidak melanjutkan ke jenjang SMA dengan sub variabel: (1) Tingkat pendidikan orang tua (2) Tingkat pendapatan orang tua (3) Pandangan orang tua terhadap pentingnya suatu pendidikan (4) Keterlibatan anak dalam pekerjaan (5) Jarak tempuh (6) Fasilitas Jalan (7) Fasilitas Trasportasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Metode dokumentasi, metode kuesioner (Angket), dan metode observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penyebab lulusan SMP tidak melanjutkan ke jenjang SMA pada masyarakat petani Desa Dadap Mulyo adalah faktor tingkat pendidikan orang tua rendah yaitu (62,5%) lulusan SD/MI, tingkat pendapatan orang tua (43,75%) sebesar kurang dari 1 juta per bulan dan pandangan orang tua terhadap pentingnya pendidikan rendah (59,38%) rendah, keterlibatan anak dalam pekerjaan orang tua tinggi sebesar (75%), serta jarak tempuh sekolah yang jauh yaitu lebih dari 7 km, sehingga membutuhkan biaya yang besar. Simpulan yang diambil dari penelitian ini adalah rendahnya tingkat pendidikan orang tua menyebabkan rendahnya pandangan orang tua terhadap pentingnya pendidikan sehingga tidak ada dukungan kepada anak untuk melanjutkan ke SMA serta akibat biaya yang tinggi dengan tingkat pendapatan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan maka banyak lulusan SMP tidak melanjutkan ke jenjang SMA. Tingginya keterlibatan anak dalam pekerjaan orang tua serta jarak sekolah yang jauh lebih dari 7 km dan fasilitas transportasi yang tidak mendukung menyebabkan anak tidak melanjutkan pendidikan ke SMA. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu tingkat aksesibilitas wilayah menuju ke sekolah ditingkatkan, peningkatan sosialisasi pentingnya pendidikan kepada masyarakat, serta peningkatan dukungan orang tua kepada anak untuk sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Penyebab, Melanjutkan Studi Rendah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Nov 2012 11:01
Last Modified: 03 Nov 2012 11:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16197

Actions (login required)

View Item View Item