Pengaruh Kompetensi Menggambar Teknik Bangunan Gedung dan Hasil Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Menghitung RAB Bangunan Gedung Sederhana Siswa Bidang Keahlian Teknik Bangunan Gedung di SMK Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012

Achmad Fadhlur Rizqi Alfarizi , 5101407003 (2012) Pengaruh Kompetensi Menggambar Teknik Bangunan Gedung dan Hasil Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Menghitung RAB Bangunan Gedung Sederhana Siswa Bidang Keahlian Teknik Bangunan Gedung di SMK Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kemampuan dalam menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) perlu didukung disiplin ilmu lain seperti kompetensi menggambar teknik bangunan gedung dan kemampuan aritmatika sebab dalam proses pembelajaran akan terjadi transfer of learning. Oleh karena itu akan dikaji permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Adakah pengaruh kompetensi menggambar teknik bangunan gedung dan hasil belajar matematika terhadap hasil belajar menghitung RAB bangunan gedung sederhana. Tujuan diadakan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh kompetensi menggambar teknik bangunan gedung dan hasil belajar matematika terhadap hasil belajar menghitung RAB bangunan gedung Sederhana. .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tingkat II semester IV SMK Negeri 1 Magelang bidang keahlian Teknik Bangunan yang berjumlah 101 siswa. Sampel penelitian diambil dua kelas dari tiga kelas yang ada yaitu satu kelas untuk sampel uji coba instrumen dan satu kelas untuk sampel penelitian. Variabel penelitian ini adalah kompetensi menggambar teknik bangunan gedung (X1), hasil belajar matematika (X2) dan hasil belajar menghitung RAB bangunan gedung sederhana (Y). Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan metode tes. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kompetensi menggambar teknik bangunan gedung siswa 74,94 yang masuk kategori cukup, rata-rata hasil belajar matematika siswa 76,41 yang masuk kategori baik dan rata-rata hasil belajar menghitung RAB bangunan gedung sederhana siswa 76,75 yang masuk kategori baik. Hasil pengujian hipotesis dengan uji F diperoleh nilai Fhitung = 27,223 > Ftabel = 3,33 yang berarti ada pengaruh kompetensi menggambar teknik bangunan gedung dan hasil belajar matematika terhadap hasil belajar menghitung RAB bangunan gedung sederhana. Adapun besarnya pengaruh tersebut adalah 65,25% yang terdiri dari 29,80% pengaruh dari kompetensi menggambar teknik bangunan gedung dan 35,45% pengaruh hasil belajar matematika. Saran kepada guru mata diklat kompetensi menggambar teknik bangunan gedung dan guru matematika hendaknya memberikan materi ini dengan sebaik-baiknya agar nantinya siswa dapat memperdalam, memperhalus dan menjadikan pengalaman tersebut sebagai bekal saat pembelajaran menghitung RAB bangunan gedung sederhana dan kepada penelitian selanjutnya hendaknya mengambal variabel-variabel lain yang diduga turut mempengaruhi hasil belajar menghitung RAB bangunan gedung sederhana seperti motivasi belajar siswa atau yang lain agar diperoleh informasi yang semakin lengkap tentang berbagai hal yang menunjang hasil belajar menghitung RAB bangunan gedung sederhana dari siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Menggambar Teknik Bangunan Gedung, Hasil Belajar Matematika, Hasil Belajar Menghitung RAB Bangunan Gedung Sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 17:15
Last Modified: 01 Nov 2012 17:15

Actions (login required)

View Item