Peningkatan Hasil Belajar Sistem Kelistrikan Body Mahasiswa D3 Otomotif Angkatan 2007 Menggunakan Panel Peraga Sistem Lampu Tanda Belok Multifungsi


Yuri Ambarwanto , 5201405029 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Sistem Kelistrikan Body Mahasiswa D3 Otomotif Angkatan 2007 Menggunakan Panel Peraga Sistem Lampu Tanda Belok Multifungsi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Sistem Kelistrikan Body Mahasiswa D3 Otomotif Angkatan 2007 Menggunakan Panel Peraga Sistem Lampu Tanda Belok Multifungsi] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Sistem Kelistrikan Body Mahasiswa D3 Otomotif Angkatan 2007 Menggunakan Panel Peraga Sistem Lampu Tanda Belok Multifungsi) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang peningkatan pemahaman mahasiswa jika menggunakan media alat peraga multifungsi pada matakuliah kelistrikan bodyterutama tentang sistem lampu tanda belok pada mahasiswa D3 Otomotif Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang.Penelitian ini bertujuan untuk membuat panel peraga multifungsi dan mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa setelah menggunakan panel peraga multifungsi sistem lampu tanda belok pada mata kuliah kelistrikan bodypada mahasiswa D3 Otomotif Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang tahun 2009/2010.Dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang semu/Quasi EksperimentDesain dengan pola pre test-post test one group design. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan antara hasil belajar tentang sistem lampu tanda belok sebelum dan setelah menggunakan panel peraga multifungsi pada matakuliah Kelistrikan Body. Hal itu terlihat pada hasil nilai rata-rata sebelum menggunakan panel peraga sebesar 51,45 dan nilai rata-rata setelah menggunakan alat peraga sebesar 64,50.Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan panelperaga sistem lampu tanda belok multifungsi telah berjalan dengan baik karena prestasi belajar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Kelistrikan Body mengalami peningkatan 24,63 % dari sebelum menggunakan media peraga sistem lampu tanda belok multifungsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, metode pengajaran menggunakan media peraga multifungsi, sistem lampu tanda belok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 20:43
Last Modified: 01 Nov 2012 20:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16172

Actions (login required)

View Item View Item