Pengaruh Pendekatan Multisensori Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Kendal

Eva Agus Fiani , 1601408020 (2012) Pengaruh Pendekatan Multisensori Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kecerdasan logika-matematika penting diajarkan pada anak usia TK agar anak terampil dalam memecahkan masalah persoalan sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan multisensori menekankan pengajaran melalui prinsip visual, auditori, kinestetik dan taktil (VAKT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pendekatan multisensori terhadap kecerdasan logika-matematika pada anak TK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan multisensori terhadap kecerdasan logika-matematika pada anak TK. Populasi penelitian ini adalah TK ABA kabupaten Kendal yang terakreditasi B dan mempunyai kurikulum sama. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, terambil dua sampel yaitu TK ABA Gemuh dan TK ABA 01 Caruban. Hasil perhitungan uji t Paired antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu terdapat peningkatan rata-rata sebesar 21,65 dari rata-rata 14,95 pretest menjadi 36,6 posttest. Hasil perhitungan uji t Paired antara pretest dan posttest kelompok kontrol yaitu terdapat peningkatan rata-rata sebesar 11,3 dari rata-rata 16,9 pretest menjadi 28,2 posttest. Hasil uji t Independen pretest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan karena memiliki nilai Sig. (2-tailed) > 0,05 yaitu 0,631 > 0,05. Artinya tingkat kecerdasaan logika-matematika pada anak sebelum menggunakan pendekatan multisensori adalah sama. Hasil uji t Independen posttest kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan ada perbedaan yang signifikan karena memiliki nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,02 < 0,05. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan multisensori memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan logika-matematika pada anak TK. Disarankan guru menggunakan pendekatan multisensori dalam meningkatkan kecerdasan logika-matematika pada anak TK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan multisensori, kecerdasan logika-matematika, anak TK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Oct 2012 22:05
Last Modified: 31 Oct 2012 22:05

Actions (login required)

View Item