Intensi Impulsive Buying pada Konsumen Belanja Online


Reti Nawangsih , 1550407051 (2012) Intensi Impulsive Buying pada Konsumen Belanja Online. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Intensi Impulsive Buying pada Konsumen Belanja Online] Microsoft Word (Intensi Impulsive Buying pada Konsumen Belanja Online) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena semakin meningkatnya kecanggihan media yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu media yang akhirnya menjadi media pembelanjaan konsumen yaitu melalui media online. Banyak sekali tawaran kemudahan belanja yang disajikan melalui media online ini. Mahasiswa sebagai individu yang hampir tiap hari memanfaatkan internet secara langsung maupun tidak langsung mendapatkan banyak informasi belanja melalui media online. Desain gambar dan situs web yang dibuat sangat menarik membuat mahasiswa mengalihkan perhatiannya kepada tawaran-tawaran belanja online. Stimulus-stimulus khusus ditawarkan untuk membuat individu, khususnya mahasiswa ingin tiba-tiba berbelanja online. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran secara deskriptif tingkat intensi impulsive buying pada konsumen belanja online khususnya pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang. Subjek penelitian berjumlah 80 mahasiswa Unnes yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini diukur menggunakan skala intensi impulsive buying. Uji analisis menggunakan metode analisis deskriptif persentase dengan bantuan program SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan tingkat intensi impulsive buying tergolong dalam kategori tinggidengan perolehan hasil sebesar 45% atau 36 subjek. Hasil tersebut ditinjau dari antara lain aspek behavioral beliefs dengan perolehan hasil terbanyak36,25% atau 29 subjek pada kategori tinggi, aspek outcome evaluations dengan perolehan hasil terbanyak38,75%atau 31 subjek pada kategori tinggi, aspek normative beliefs dengan perolehan hasil terbanyak 38,75% atau 31 subjek pada kategori tinggi, dan aspek motivation to comply dengan perolehan hasil terbanyak 46,25% atau 37 subjek pada kategori tinggi. Kesimpulan yang didapat bahwa dapat dilihat secara umum pada konsumen belanja online khususnya mahasiswa Unnesmemiliki tingkat intensi impulsive buying yang tergolong dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen belanja online khususnya mahasiswa Unnes memiliki respon yang positif terhadap adanya belanja online dan stimulus-stimulus yang ditawarkan melalui belanja online tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensi Impulsive Buying, Konsumen Belanja Online
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 01:18
Last Modified: 01 Nov 2012 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16157

Actions (login required)

View Item View Item