PENGARUH PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN SEPAKBOLA YANG DIMODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010


ANTON SUGIONO , 6101405022 (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN SEPAKBOLA YANG DIMODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN SEPAKBOLA YANG DIMODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010] PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN SEPAKBOLA YANG DIMODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah : 1) Adakah pengaruh pembelajaran penjasorkes melalui pendekatan permainan sepakbola yang dimodifikasi terhadap hasil belajar gerak dasar bermain sepakbola ?. Tujuan penelitian untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran penjasorkes melalui pendekatan permainan sepakbola yang dimodifikasi terhadap hasil belajar gerak dasar bermain sepakbola. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 271 dan tersebesar di tujuh. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling yaitu mengambil 2 kelas dari 7 kelas yang ada secara acak. Variabel penelitian ini meliputi pembelajaran sepakbola melalui pendekatan bermain yang dimodifikasi sebagai variabel bebas dan hasil belajar gerak dasar permainan sepakbola sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar gerak dasar permainan sepakbola kelompok eksperimen sebesar 73,00 yang termasuk kategori baik dan pada kelompok kontrol sebesar 63,49 yang termasuk kategori cukup. Hasil uji t data post-test diperoleh nilai thitung = 2,68 > ttabel = 1,68. yang berarti ada perbedaan data post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dimana hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu pembelajaran penjasorkes melalui pendekatan permainan sepakbola yang dimodifikasi lebih berpengaruh terhadap hasil belajar gerak dasar bermain sepakbola. Mengacu simpulan tersebut dapat diajukan saran : 1) Bagi guru penjasorkes dalam pembelajaran sepakbola sebaiknya dilakukan dengan pendekatan permainan yang dimodifikasi karena terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar teknik dasar bermain sepakbola, dan 2) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat membandingkan pendekatan permanan sepakbola yang dimodifikasi dengan yang lain agar diperoleh informasi yang semakin tepat terkait pendekatan pembelajaran yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar teknik dasar bermain sepakbola bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sepakbola, Bermain sepakbola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 00:27
Last Modified: 25 Apr 2015 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item