PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA KULIAH TEKNIK PERMESINAN


Mahfud ‘Ibadi , 5201405015 (2009) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA KULIAH TEKNIK PERMESINAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA KULIAH TEKNIK PERMESINAN] PDF (PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA KULIAH TEKNIK PERMESINAN) - Published Version
Download (710kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai variasi mengajar dosen terhadap hasil belajar mahasiswa PTM Universitas Negeri Semarang angkatan 2007. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa PTM Universitas Negeri Semarang angkatan 2007 yang keseluruhan berjumlah 58 mahasiswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel ialah sebanyak 58 mahasiswa dengan prosedur pengambilan total sampling, yaitu apabila subjek penelitian kurang dari 100, lebih baik diambil semua (Arikunto, 2002:108). Metode pokok dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengumpulkan data persepsi mahasiswa mengenai variasi mengajar dosen serta data hasil belajar akhir mata kuliah teknik permesinan. Rata-rata persepsi mahasiswa tantang variasi mengajar mencapai 75% pada interval 63 - 81 dalam kategori tinggi, hal ini menunjukan bahwa dosen dalam memberikan pambelajaran memiliki variasi yang tinggi baik dari segi gayanya, penggunaan media dan bahan ajar serta interaksi dengan mahasiswanya. Jika dilihat dari setiap aspeknya, rata-rata tertinggi pada aspek variasi interaksi. Hal ini menunjukan bahwa dosen cenderung menitik beratkan pada kualitas metode yang digunakan atau interaksi dengan mahasiswa. Rata-rata persepsi mahasiswa tentang penggunaan metode interaksi ini mencapai 79,94 dan lebih tinggi dari aspek gaya mengajar sebesar 77,00 dan aspek penggunaan media dan bahan ajar sebesar 69,58. Ada pengaruh persepsi mahasiswa mengenai variasi mengajar dosen terhadap hasil belajar mahasiswa PTM, dengan Fhitung (40,94) > Ftabel ( 4,013 ) pada α= 0,05 dengan dk pembilang 1 dan penyebut 56. Dan koefisien korelasi r= 0.453 > rtabel=0,224. Besarnya koefisien detrminasi(r2) dari persaman regresi Y=81,6+0,059X adalah 0,2013, berarti besarnya pengaruh persepsi mahasiswa tentang variasi mengajar dosen terhadap hasil belajar dalam mata kuliah teknik permesinan yang dapat dijelaskan oleh garis regresi adalah 20,13% dan sisanya 79,5% pengaruh tidak dapat dijelaskan oleh garis regresi tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa, variasi mengajar dosen dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TS Manufactures
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 06:12
Last Modified: 25 Apr 2015 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item