Kesejahteraan Psikologis Suami yang Tinggal di Rumah Kos Keluarga (Penelitian Deskriptif di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik)


Nursanti Wismaningrum , 1550405100 (2012) Kesejahteraan Psikologis Suami yang Tinggal di Rumah Kos Keluarga (Penelitian Deskriptif di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesejahteraan Psikologis Suami yang Tinggal di Rumah Kos Keluarga (Penelitian Deskriptif di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik)] Microsoft Word (Kesejahteraan Psikologis Suami yang Tinggal di Rumah Kos Keluarga (Penelitian Deskriptif di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik)) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Suami yang tinggal di rumah kos keluarga membutuhkan pemenuhan kebutuhan dari yang paling dasar untuk dapat memenuhi kebutuhan yang lebih kompleks agar memperoleh kondisi yang sejahtera secara psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesejahteraan psikologis suami yang tinggal di rumah kos keluarga di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah suami yang tinggal di rumah kos keluarga di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi populasi atau studi sensus atau total sampling. Dengan subjek penelitian sebanyak 117 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan skala kesejahteraan psikologis dengan jumlah item sebanyak 116 item diperoleh 93 item valid dengan kisaran koefisien validitas antara 0,214 sampai dengan 0,704 dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,945. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis suami yang tinggal di rumah kos keluarga di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik berada dalam kategori tinggi. Masing-masing dimensi dalam kesejahteraan psikologis meliputi dimensi penerimaan diri, dimensi hubungan positif dengan orang lain, dimensi otonomi (kemandirian), dimensi penguasaan lingkungan, dimensi tujuan hidup, serta dimendi pertumbuhan pribadi berada dalam kategori tinggi. Dengan kata lain, suami yang tinggal di rumah kos keluarga di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik memiliki kondisi yang sejahtera secara psikologis. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya 1) dapat lebih mengembangkan dan membahas dengan lebih mendalam sehingga dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis seluruh keluarga Indonesia. 2) Diharapkan dapat melakukan penelitian tentang kesejahteraan psikologis dengan melibatkan lebih dari satu varibel untuk hasil yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan psikologis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2012 10:06
Last Modified: 25 Oct 2012 10:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16122

Actions (login required)

View Item View Item