Menumbuhkan Nilai-nilai Pancasila Melalui Kegiatan Kepramukaan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang


Agustina Nugrahanti,, 3401407066 (2012) Menumbuhkan Nilai-nilai Pancasila Melalui Kegiatan Kepramukaan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Menumbuhkan Nilai-nilai Pancasila Melalui Kegiatan Kepramukaan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang] Microsoft Word (Menumbuhkan Nilai-nilai Pancasila Melalui Kegiatan Kepramukaan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pancasila sebagai pandangan dan dasar negara, membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai Pancasila harus selalu dijadikan landasan pokok, landasan fundamental bagi pengaturan serta penyelenggaraan negara. Sejarah telah membuktikan bahwa nilai materiil Pancasila merupakan sumber kekuatan bagi perjuangan bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila merupakan pengikat sekaligus pendorong dalam usaha menegakkan dan memperjuangkan kemerdekaan. Pancasila merupakan nilai-nilai budaya yang menyatukan masyarakat Indonesia yang beragam suku, ras, bahasa, agama menjadi bangsa yang satu. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan jiwa kepribadian dan pandangan hidup masyarakat di wilayah nusantara sejak dahulu. Peran sebuah sekolah sangat penting untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila. Melalui beragam kegiatan, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Siswa bebas memilih salah satu dari banyak kegiatan ekstrakurikuler, yang salah satunya adalah kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan sebagai sarana membangkitkan nilai-nilai Pancasila bertujuan untuk membentuk pribadi untuk menjadi warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana menumbuhkan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan kepramukaan di SD Negeri Kambangan 01; (2) nilai-nilai Pancasila apa saja yang ditumbuhkan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang; (3) apa saja faktor penunjang dan penghambat dalam menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui upaya menumbuhkan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan kepramukaan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang; (2) mengetahui nilai-nilai Pancasila yang ditumbuhkan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang; (3) mengetahui faktor penunjang dan penghambat dalam menumbuhkan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan kepramukaan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yang dijadikan objek adalah SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian upaya menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di SD Negeri Kambangan 01 dilaksanakan melalui berbagai kegiatan: (a) upacara; (b) pelaksanaan latihan baris berbaris; (c) praktek penerapan Dasa Dharma; (d) kemah. Metode yang digunakan dalam menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di SD Negeri Kambangan 01 adalah: (a) pengamalan Kode Kehormatan Pramuka; (b) belajar sambil melakukan; (c) sistem beregu; (d) kegiatan yang menantang dan menarik; (e) kegiatan di alam terbuka. Nilai-nilai Pancasila yang ditumbuhkan di SD Negeri Kambangan 01 melalui kegiatan kepramukaan adalah sebagai berikut: 1) sila ke I, mengarahkan anak untuk selalu menjalankan ibadah kepada Tuhan. Selain itu juga pelaksanaan pembinaan agar menjaga kerukunan tanpa membedakan agama; 2) Sila ke II, pelaksanaan kegiatan melalui membiasakan siswa untuk menghargai pendapat orang lain, mengembangkan sikap tenggang rasa. Menanamkan nilai harga menghargai antar sesama manusia; 3) Sila ke III, mengajak anak untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta mengembangkan rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia, serta membina sikap rasa memiliki dengan memberikan contoh penerapan sehari-hari anak; 4) Sila ke IV, pelaksanaan kegiatan melalui pelaksanaan musyawarah dalam mengambil keputusan sebelum diadakan kegiatan; 5) Sila ke V, pelaksanaan kegiatan sesuai sikap kekeluargaan dan gotong royong. Menumbuhkan sikap menghormati terhadap sesama, serta mengarahkan anggota Pramuka untuk selalu mengerjakan pekerjaan secara mandiri, sehingga hasil pekerjaan mereka adalah murni dari usaha sendiri. Faktor penunjang dalam menumbuhkan nilai-nilai Pancasila terdiri dari keteladanan Pembina Pramuka dan sarana prasarana yang lengkap mempermudah dalam melakukan kegiatan. Sedangkan faktor penghambat adalah faktor lingkungan karena tidak semua lingkungan yang beranekaragam memberikan dampak positif , dan adanya pengaruh globalisasi. Saran yang diajukan dalam penelitian ini dengan judul menumbuhkan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan kepramukaan di SD Negeri Kambangan 01, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, saran berupa: (1) untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan kepramukaan, perlu adanya pendisiplinan anggota; (2) dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai Pancasila, perlu adanya peningkatan kegiatan Pramuka yang lebih bervariasi; (3) sekolah harus bekerjasama dengan masyarakat dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai Pancasila anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai, Pancasila, kegiatan kepramukaan.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2012 02:28
Last Modified: 25 Oct 2012 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item View Item