Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Tipe Teams Games Tournament berbasis Compact Disc (CD) Interaktif pada Siswa Kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang


Weni Anggit Permata , 1402408152 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Tipe Teams Games Tournament berbasis Compact Disc (CD) Interaktif pada Siswa Kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Tipe Teams Games Tournament berbasis Compact Disc (CD) Interaktif pada Siswa Kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Tipe Teams Games Tournament berbasis Compact Disc (CD) Interaktif pada Siswa Kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran guru kurang menggunakan media yang menarik, belum melibatkan siswa untuk menjadi tutor sebaya dan memasukkan unsur permainan serta mengadakan tantangan kepada siswa untuk berkompetisi dengan siswa yang lain. Rumusan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui Tipe Teams Games Tournament berbasis Compact Disc (CD) Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas VB SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas VB SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang melalui Tipe Teams Games Tournament berbasis Compact Disc (CD) Interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 27 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II yaitu memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 15,4 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II yaitu memperoleh skor 17,2 dengan kriteria sangat baik. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,6 dengan persentase 74,5% dan meningkat pada siklus II yaitu memperoleh nilai rata-rata 80,4 dengan persentase 89,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Tipe Teams Games Tournament berbasis Compact Disc (CD) Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar matematika. Saran bagi guru adalah menerapkan Tipe Teams Games Tournament berbasis Compact Disc (CD) Interaktif dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Kooperatif tipe Teams Games Tournament, Compact Disc (CD) Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2012 02:23
Last Modified: 25 Oct 2012 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item View Item