Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SD Negeri Karanganyar 02 Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Mata Pelajaran Matematika


Khikmatul Azizah , 1402408030 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SD Negeri Karanganyar 02 Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Mata Pelajaran Matematika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SD Negeri Karanganyar 02 Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Mata Pelajaran Matematika] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SD Negeri Karanganyar 02 Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Mata Pelajaran Matematika) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SDN Karanganyar 02 ternyata belum berjalan secara optimal. Hal ini ditunjukkan dengan siswa hanya menghafal rumus tanpa melakukan penemuan kembali konsep tersebut. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan matematisasi horisontal terlebih dulu dan hanya terpaku pada rumus-rumus yang sudah jadi. Guru juga belum mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Siswa tidak meringkas ataupun merangkum materi dari pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, sumber belajar yang digunakan sangat terbatas. Setelah di evaluasi hasilnya kurang memuaskan, sehingga berakibat pada hasil belajar siswa kelas VB yang rendah yaitu 58,58. Rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SDN Karanganyar 02 pada mata pelajaran matematika? Adapun tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kelas VB SDN Karanganyar 02 pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Karanganyar 02 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari skor 64 (sangat baik) menjadi 68 (sangat baik), (2) aktivitas siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari skor rata-rata 41,45 (baik) menjadi 48,9 (sangat baik), (3) hasil belajar kognitif siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu nilai rata-rata 72,72 dengan ketuntasan 77% menjadi 80,22 dengan ketuntasan 94%. (4) hasil belajar afektif meningkat dari siklus 1 ke 2 yaitu dari skor rata-rata 12,55 (baik) menjadi 15,13 (baik), (5) hasil belajar psikomotorik siswa meningkat dari siklus 1 ke 2 yaitu dari skor rata-rata 13,32 (baik) menjadi 14,68 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah dalam meningkatkan hasil belajar, guru sebaiknya menggunakan pendekatan RME karena sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, pendekatan RME
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2012 02:19
Last Modified: 25 Oct 2012 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16112

Actions (login required)

View Item View Item