Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pendekatan PAIKEM Dengan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas V SD Mangkang Kulon 01 Kecamatan Tugu Kota Semarang
Muh Nur Khoiri , 1402407135 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pendekatan PAIKEM Dengan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas V SD Mangkang Kulon 01 Kecamatan Tugu Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pendekatan PAIKEM Dengan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas V SD Mangkang Kulon 01 Kecamatan Tugu Kota Semarang)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada aspek keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Mangkang Kulon 01 Semarang mengalami beberapa permasalahan antara lain keterampilan guru masih belum maksimal, pendekatan yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa, pemanfaatan media yang belum efektif dan efisien, dan pembelajaran yang kurang memaksimalkan aktivitas siswa. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Mangkang Kulon 01, sedangkan secara khusus untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Mangkang Kulon 01 Semarang sebanyak 36 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata keterampilan guru pada siklus I sebesar 21,5 dengan kategori baik menjadi 28 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Skor rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 20,4 dengan kategori baik menjadi 25 dengan baik.pada siklus II. Keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I presentase ketuntasan sebesar 75,3% dengan rata-rata 74 meningkat pada siklus II menjadi 83,3% dengan rata-rata 79. Nilai tersebut memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PAIKEM dengan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Mangkang Kulon 01 Kota Semarang. Saran bagi guru adalah dalam pembelajaran bahasa Indonesia menerapkan pendekatan pembelajaran yang bervariasi, salah satunya yaitu dengan menerapkan pendekatan PAIKEM.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis karangan deskripsi, PAIKEM, Kartu Bergambar, SD Mangkang Kulon 01 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Oct 2012 02:07 |
Last Modified: | 25 Oct 2012 02:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16111 |
Actions (login required)
View Item |