Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Pendekatan Cooperative Learning tipe Team Game Tournament dengan Media Kartu Bernomor Berbasis TIK Pada Siswa Kelas V SDN Karanganyar 02 Semarang
Muhammad Nidhomudin , 1401910022 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Pendekatan Cooperative Learning tipe Team Game Tournament dengan Media Kartu Bernomor Berbasis TIK Pada Siswa Kelas V SDN Karanganyar 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Pendekatan Cooperative Learning tipe Team Game Tournament dengan Media Kartu Bernomor Berbasis TIK Pada Siswa Kelas V SDN Karanganyar 02 Semarang)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan observasi awal di SDN Karanganyar 02 Kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn di kelas V. Guru masih monoton serta mendominasi didalam pelaksanaan pembelajaran(teacher center), selama pembelajaran banyak sebagian siswa yang mengalami kebosanan dan kurang antusias serta mengobrol sendiri yang mana materi yang disampaikan guru tidak bisa terserap secara maksimal oleh siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan cooperative learning tipe Team Game Tournament dengan Media Kartu Bernomor Berbasis TIK dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 02 dalam pembelajaran PKn?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui penerapan pendekatan cooperative learning tipe Team Game Tournament dengan Media Kartu Bernomor Berbasis TIK. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui pendekatan cooperative learning tipe Team Game Tournament dengan Media Kartu Bernomor Berbasis TIK dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan cooperative learning tipe Team Game Tournament dengan Media Kartu Bernomor Berbasis TIK dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan skor 29 dengan baik, kemudian pada siklus II mendapatkan skor 32 dengan kategori baik, dan pada siklus III diperoleh skor 35 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah rerata skor sebanyak 25dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II meperoleh hasil 29 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh hasil sebesar 34 dengan kategori sangat baik.Pada siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 60%, siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 70%, dan untuk siklus III ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui cooperative learning tipe Team Game Tournament dengan Media Kartu Bernomor Berbasis TIK dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Pembelajaran, PKn, Cooperative Learning, TGT |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Oct 2012 02:04 |
Last Modified: | 25 Oct 2012 02:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16110 |
Actions (login required)
View Item |