Meningkatkan Motivasi Melanjutkan Studi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII B MTs Negeri Temon Kabupaten Boyolali Tahun 2011/2012
Endang Setyowati , 1301407072 (2012) Meningkatkan Motivasi Melanjutkan Studi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII B MTs Negeri Temon Kabupaten Boyolali Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Meningkatkan Motivasi Melanjutkan Studi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII B MTs Negeri Temon Kabupaten Boyolali Tahun 2011/2012)
- Published Version
Download (25kB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi melanjutkan studi pada siswa di kelas VIII B MTs Negeri Temon Kabupaten Boyolali. Oleh sebab itu peneliti berkeinginan untuk mengadakan penelitian tentang motivasi melanjutkan studi yang akan ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok topik tugas diharapkan siswa dapat memiliki motivasi yang baik karena ini merupakan salah satu upaya meningkatkan motivasi melanjutkan studi pada siswa. Selain itu siswa diharapkan dapat secara mandiri mengatasi hal-hal yang mempengaruhi motivasi melanjutkan studinya. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana gambaran motivasi melanjutkan studi pada siswa MTs Negeri Temon sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok?, Bagaimana gambaran motivasi melanjutkan studi setelah diberikan layanan bimbingan kelompok? Dan adakah perbedaan motivasi melanjutkan studi pada siswa kelas VIII B MTs Negeri Temon kabupaten Boyolali sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi melanjutkan studi pada siswa kelas VIII B MTs Negeri Temon Kabupaten Boyolali Tahun 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas VIII B yang memiliki motivasi melanjutkan studi rendah yaitu JP, MT, SL, ZL, DK, FD, AG, AZ, WH dan DY. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre Experimental Design dengan desain penelitian pre test dan post test desain. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala motivasi melanjutkan studi. Hasil pre test yang diperoleh yaitu pada prosentase 51,93% yang termasuk pada kategori rendah sedangkan hasil post test diperoleh 69,53% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan pada tabel untuk uji wilcoxon, jumlah jenjang yang kecil atau Thitung nilainya adalah 55,0. Sedangkan Ttabel untuk n = 10 dengan taraf kesalahan 5 % nilainya adalah 8. Sehingga Thitung 55,0 > T tabel 8,0 atau berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi melanjutkan studi pada siswa kelas VIII B MTs Negeri Temon Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi melanjutkan studi, Layanan Bimbingan Kelompok |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Oct 2012 01:52 |
Last Modified: | 25 Oct 2012 01:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16108 |
Actions (login required)
View Item |