Upaya Menerapkan Tata Tertib untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh di Panti Asuhan Putra Putri Sahal Suhail Ungaran Kabupaten Semarang
Bintang Emy Nur Alfian, 1201408016 (2012) Upaya Menerapkan Tata Tertib untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh di Panti Asuhan Putra Putri Sahal Suhail Ungaran Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Upaya Menerapkan Tata Tertib untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh di Panti Asuhan Putra Putri Sahal Suhail Ungaran Kabupaten Semarang)
- Published Version
Download (25kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kedisiplinan anak asuh di Panti Asuhan Putra Putri Sahal Suhail Ungaran; (2) Bagaimanakah upaya menerapkan tata tertib untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh; (3) Kendala apa saja yang dihadapi; (4) Bagaimanakah cara mengatasi kendala yang dihadapi. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan kedisiplinan anak asuh di Panti Asuhan Putra Putri Sahal Suhail Ungaran; (2) Untuk mengetahui upaya menerapkan tata tertib untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh; (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi; (4) Untuk mengetahui cara mengatasi kendala yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Panti Asuhan Putra Putri Sahal Suhail. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 12 orang, yang terdiri dari 8 anak asuh, 2 orang pengurus, dan 2 orang pengasuh. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Kedisiplinan yang diterapkan bersifat demokratis. Tata tertib yang diterapkan berbentuk kewajiban-kewajiban dan larangan-larangan; (2) Upaya yang dilakukan dalam menerapkan tata tertib untuk meningkatkan kedisiplinan anak asuh antara lain: a) membuat dan menyusun tata tertib; b) keteladanan dan pemberian contoh yang baik; c) Memberikan nasihat, motivasi, serta menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak asuh; d) Memberikan hukuman; (3) Kendala utama yang dihadap adalah karakteristik dan sifat negatif anak asuh sebelum tinggal di panti asuhan; (4) Cara mengatasi kendala yang dihadapi adalah dengan melakukan pendekatan pribadi kepada anak asuh yang bermasalah. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) Kegiatan yang ada perlu dipantau tingkat keterlaksanaannya, serta melakukan penguatan positif agar tingkat pelanggaran dapat diminimalisir; (2) Perlu upaya penerapan tata tertib yang sesuai dengan latar belakang anak asuh, tanpa meninggalkan aspek disiplin yang sesuai dengan tujuan tata tertib yang ada di panti asuhan; (3) Perlu dicarikan cara-cara yang efektif untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan kedisiplinan; upaya menerapkan tata tertib |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Oct 2012 01:12 |
Last Modified: | 25 Oct 2012 01:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16102 |
Actions (login required)
View Item |