Pengaruh Motivasi Belajar, Kondisi Ekonomi Orang tua, dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi pada Siswa Kelas X MA. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Kab. Pati Tahun Ajaran 2011/2012


Pundi Suhartanto, 3301405121 (2012) Pengaruh Motivasi Belajar, Kondisi Ekonomi Orang tua, dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi pada Siswa Kelas X MA. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Kab. Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi Belajar, Kondisi Ekonomi Orang tua, dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi pada Siswa Kelas X MA. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Kab. Pati Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Motivasi Belajar, Kondisi Ekonomi Orang tua, dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi pada Siswa Kelas X MA. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Kab. Pati Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Prestasi Belajar Dalam kegiatan belajar mengajar motivasi sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga tujuan siswa dapat tercapai. Kondisi ekonomi orang tua sangat erat dengan belajar anak. Anak yang belajar selain harus terpenuhi kebutuhan pokoknya, misal makan, pakain, perlindungan kesehatan dan lain-lain, juga menumbuhkan fasilitas belajar seperti ruang belajar, meja, kursi, alat tulis-menulis, buku-buku. Perubahan yang nampak secara fisik adalah fasilitas belajar, di mana siswa dapat memakai secara langsung dengan adanya fasilitas belajar, dan manfaatnya fasilitas belajar dapat dirasakan siswa untuk mencapai prestasi belajar yang baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Motivasi Belajar, Kondisi Ekonomi Orang tua, Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi Pada Siswa Kelas X Ma. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Kab. Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Ma. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi sebanyak 86 siswa. Variabel bebas yaitu Motivasi Belajar, Kondisi Ekonomi Orang tua, Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan variabel terikat adalah prestasi belajar akuntansi. Metode pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan metode asumsi klasik dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap Prestasi belajar dengan nilai analisis secara parsial diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.002. Kondisi ekonomi orang tua juga berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar dari 0.003. Pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar dari 0.000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi, kondisi ekonomi orang tua dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar pelajaran siswa kelas X MA. Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Kab. Pati tahun ajaran 2011/2012 yang berpengaruh secara bersama-sama. Penulis menyarankan bagi guru perlu selalu dapat meningkatkan motivasi belajar yang sudah baik sehingga akan terciptanya prestasi belajar yang baik pula. Siswa diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas belajar yang telah di miliki oleh sekolah, sehingga dengan selalu memanfaatkan fasilitas yang telah ada maka akan dapat tercapai prestai belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kondisi Ekonomi Orang tua,
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 07:26
Last Modified: 24 Oct 2012 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16100

Actions (login required)

View Item View Item