ANALISIS SISTEM BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG


Dyah Martiwi , 3352404050 (2009) ANALISIS SISTEM BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS SISTEM BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG] PDF (ANALISIS SISTEM BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG) - Published Version
Download (604kB)

Abstract

Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang menerapkan penilaian kinerja tradisional yang hanya berfokus pada aspek finansial, oleh sebab itu perlu disempurnakan dengan sistem Balanced Scorecard. Bagaimana penerapan Balanced Scorecard dalam penilaian kinerja keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, pembelajaran dan pertumbuhan rumah sakit Panti Wilasa Citarum Semarang agar mampu bertahan dan bersaing dengan mutu yang baik. Penelitian ini dengan mengambil data selama tiga tahun, dari 2006 - 2008, menggunakan analisis deskriptif. Metode Pengumpulan data dengan dokumentasi, penyebaran Koesioner terhadap 68 Pasien atau keluarga pasien dan 81 Karyawan tetap Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah Sampling aksidental dan sampling purposive. Perspekif Keuangan ditunjukkan dengan ROI dan PM dari tahun ke tahun selalu mengalami penurunan, sedangkan RO mengalami fluktuasi. Perspektif Pelanggan ditunjukkan dengan retensi pasien, akuisisi pasien yang selalu meningkat dari tahun ke tahun, sedangkan dilihat dari kepuasan pelanggan, pelanggan sudah merasa sangat puas, puas terhadap pelayanannya. Perspektif Proses Internal Bisnis hasilnya secara keseluruhan relatife baik, meskipun ada beberapa rasio ukuran yang belum mencapai angka standart yaitu ALOS, BOR dan BTO. Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran, hasilnya secara keseluruhan relative sangat baik, ditunjukkan dengan produktivitas dan retensi karyawan mengalami peningkatan dari tahun – ke tahun. Sedangkan dilihat dari kepuasan karyawan, karywan merasa sangat puas, puas terhadap Instansi dimana mereka bekerja. Simpulan dari perspektif keuangan dengan indikator ROI sebesar 15,92%, PM sebesar 9.3% dan RO sebesar 261%. Perspektif Pelanggan dengan indikator Retensi Pasien sebesar 52,72%, Akuisisi pasien sebesar 47,46% dan kepuasan pasien sebesar 76.35%. Perspektif proses internal bisnis dengan indikator: ALOS 4 hari, BOR 68,61%, TOI 2 hari, BTO 68 kali GDR 3.1 permill, NDR 1,53 permil. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator: tingkat produktivitas karyawan sebesar 85,176,620.70, retensi karyawan sebesar 0.24%, dan kepuasan karyawan sebesar 73,87%. Saran yang diberikan pada rumah sakit adalah meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan profesional karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Penilaian kinerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:27
Last Modified: 25 Apr 2015 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item