Pelaksanaan Model Pembelajaran Think Pair and Share pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Rembang Tahun Pelajaran 2011/2012

Nuh Firdausi Winarno,, 3201405063 (2012) Pelaksanaan Model Pembelajaran Think Pair and Share pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Rembang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Think Pair and Share dalam pembelajaran geografi di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Rembang? (2) Bagaimana hasil yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Rembang? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Think Pair and Share dalam pembelajaran geografi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Rembang.(2)Untuk mengetahui hasil yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Rembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Rembang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Rembang, yang berjumlah 30siswa. Dalam penelitian ini proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampel. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) variable bebas, pelaksanaan model pembelajaran Think Pair and Share. (2) variable terikat, hasil belajar yang diperoleh oleh siswa, yaitu hasil belajar kognitif, afektiv, dan psikomotorik. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Rembang berlangsung dengan baik, hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa dikategorikan “baik”. Hasil belajar afektif siswa dikategorikan “cukup baik”. Hasil belajar psikomotorik siswa juga di kategorikan “cukup baik”. Hasil angket menunjukkan minat sebagian besar siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran Think Pair and Share adalah “baik atau senang”, hal ini dapat dilihat dari analisis data angket yang menunjukkan bahwa 6 dari 30 siswa menyatakan “sangat senang/sangat baik” terhadap model pembelajaran Think Pair and Share, sedangkan 24 siswa menyatakan“senang/baik” terhadap pembelajaran Think Pair and Share yang dilaksanakan oleh guru mereka. Disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Think Pair and Share di SMA Negeri 2 Rembang berjalan dengan “baik”. Minat siswa terhadap model pembelajaran juga “baik”. Hasil belajar siswa baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik dikategorikan “cukup baik”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi lembaga pendidikan, guru, siswa, dan semua pihak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Think Pair and Share, Hasil belajar siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2012 22:38
Last Modified: 23 Oct 2012 22:38

Actions (login required)

View Item