Pengembangan Materi Ajar Sejarah Pokok Bahasan Tanam Paksa Kelas XI IPS Semester 2 di SMA N 1 Gemuh Kabupaten Kendal


Ana Armawati,, 3101408095 (2012) Pengembangan Materi Ajar Sejarah Pokok Bahasan Tanam Paksa Kelas XI IPS Semester 2 di SMA N 1 Gemuh Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Materi Ajar Sejarah Pokok Bahasan Tanam Paksa Kelas XI IPS Semester 2 di SMA N 1 Gemuh Kabupaten Kendal] Microsoft Word (Pengembangan Materi Ajar Sejarah Pokok Bahasan Tanam Paksa Kelas XI IPS Semester 2 di SMA N 1 Gemuh Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Ketersediaan bahan pembelajaran seperti buku teks dan referensi lain yang dianggap mendukung pembelajaran sejarah dinilai masih sangat minim di SMA N 1 Gemuh. Hal ini sangat menghambat guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas dan dalam berinovasi pada pengembangan materi ajar. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengembangan materi ajar sejarah pokok bahasan tanam paksa di SMA N 1 Gemuh kelas XI IPS semester 2, (2) bagaimana penilaian guru mata pelajaran sejarah dan ahli terhadap pengembangan materi ajar tanam paksa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangakan materi ajar sejarah pokok bahasan tanam paksa di SMA N 1 Gemuh kelas XI IPS semester 2, (2) mengetahui bagaimana penilaian guru mata pelajaran sejarah dan ahli terhadap pengembangan materi ajar pokok bahasan tanam paksa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan mengambil penelitian di SMA N 1 Gemuh Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode, yaitu (1) teknik angket, (2) observasi, (3) wawancara, dan (3) dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis data kebutuhan dan analisis data uji ahli. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengembangan materi ajar sejarah berupa handout memberikan inovasi baru bagi pembelajaran sejarah di SMA N 1 Gemuh. Handout yang dijadikan bahan ajar memiliki beberapa manfaat bagi peserta didik maupun guru, antara lain (1) peserta didik memiliki kesempatan melatih belajar secara mandiri tanpa tergantung oleh kehadiran guru, (2) bentuk handout yang seperti buku biasa, artinya lebih kecil dari pada LKS ataupun buku teks lainnya bisa difungsikan untuk mengulang pelajaran di luar kelas, (3) kegiatan belajar menjadi lebih menarik karena bisa dilakukan diluar kelas dan di luar jam pelajaran. Kemudian saran dari pengembangan materi ajar berupa handout ini adalah (1) pengembangan materi ajar berupa handout bisa dikembangkan pada pokok bahasan lainnya, selain materi Tanam Paksa, (2) pengembangan materi lebih diperbanyak referensi yang relevan, (3) dalam penerapan pengembangan materi ajar, disarankan media dan metode yang digunakan disesuaikan dengan substansi materi dan keadaan siswa sehingga tercipta suasana yang kondusif dan nyaman bagi siswa untuk menerima materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Materi Ajar, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 02:01
Last Modified: 24 Oct 2012 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

View Item View Item