Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Teknik Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kerjasama Antar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Keramat Kabupaten Kudus Tahun 2011/2012
Evi Fahrina,, 3101407011 (2012) Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Teknik Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kerjasama Antar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Keramat Kabupaten Kudus Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Teknik Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kerjasama Antar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Keramat Kabupaten Kudus Tahun 2011/2012)
- Published Version
Download (12kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran sejarah kelasXI IPS SMA Keramat Kudus, diperoleh data bahwa kerjasama antar siswa dalam membahas materi sejarah sangat kurang. Selain itu, guru juga tidak mendorong siswanya untuk saling bekerjasama dalam membahas materi sejarah dan kurang memperhatikan kemampuan siswanya. Upaya untuk meningkatkan kerjasama antar siswa dalam membahas materi sejarah salah satu alternatifnya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads together dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan yang diambil dalam skripsi ini adalah: “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads together mampu meningkatkan kerjasama antar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Keramat kabupaten Kudus tahun ajaran 2011/2012?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran model kooperatif teknik numbered heads together pada mata pelajaran sejarah dapat meningkatkan kerjasama antar siswa kelas XI IPS SMA Keramat Kabupaten Kudus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sma Keramat kabupaten Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model kooperatif teknik numbered heads together untuk meningkatkan kerjasama antar siswa di dlam kelas. Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah terdiri dari empat komponen utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum diadakannya penelitian diperoleh skor kerjasama siswa hanya 46, 43% yang termasuk dalam kategori tidak baik dengan jumlah skor 26 dari skor maksimal 56. Setelah diadakan penelitian pada siklus I diperoleh skor 63, 16% yang termasuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 48 dari skor maksimal 76. Setelah diadakan siklus II, diperoleh hasil skor kerjasama siswa lebih meningkat lagi, yaitu sebesar 82, 69%. Simpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah penerapan model pembelajaran model kooperatif teknik numbered heads together yang telah dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Keramat Kudus dapat meningkatkan kerjasama antar siswa dalam membahas materi sejarah tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together, kerjasama antar siswa. |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Oct 2012 00:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2012 00:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16077 |
Actions (login required)
View Item |