Peran mendengarkan musik untuk meningkatkan prestasi akademik anak usia dini di Taman Kanak-kanak Sekar Mekar 01 Sekaran Gunungpati Semarang

Stefani Indriana ,, 2503408015 (2012) Peran mendengarkan musik untuk meningkatkan prestasi akademik anak usia dini di Taman Kanak-kanak Sekar Mekar 01 Sekaran Gunungpati Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Upaya meningkatkan prestasi anak usia dini, membuat sebagian orang tua melakukan banyak hal untuk buah hatinya agar memiliki ketrampilan serta kecerdasan yang diharapkan. Salah satunya adalah menggunakan musik. Sehingga pada penelitian ini terdapat 2 masalah yaitu: (1) Bagaimana peran mendengarkan musik terhadap peningkatan prestasi akademik Anak Usia Dini di TK Sekar Mekar Sekaran 01 Gunungpati?; (2) Faktor dan penghambat apa sajakah yang mempengaruhi prestasi anak usia dini? Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian skripsi ini, dengan lokasi dan sasaran adalah TK Sekar Mekar 01 Sekaran Gunungpati Semarang dan dilaksanak pada siswa kelas A (Kecil). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi partisipan dan wawancara. Keabsahan data didasarkan pada hasil triangulasi,yaitu teknik pemeriksaan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data untuk keperluan pengecekan atau sebagai perbandingan data itu. Analisis data penelitian kualitatif menggunakan model kerangka menurut Miles dan Huberman yang menggunakan 3 cara yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Peran mendengarkan musik yang dilakukan di TK Sekar Mekar Sekaran 01 Gunungpati ini kegunaannya sebagai stimulan yang dapat mengoptimalkan perkembangan fisik,mental dan emosi pada anak. Kreativitas anak dapat dipupuk/dikembangkan antaralain dengan pembelajaran musik.Musik berperan untuk memberikan pengalaman musik secara sederhana yaitu Kemampuan mendengar,memperagakan dan berkreativitas.Mendengarkan musik berpengaruh terhadap fisik, mental/emosi, serta perilaku anak. Ada 2 Faktor yang mempengaruhi adanya kecerdasan dalam anak adalah faktor pendukung dan pemhambat. Faktor pendukung ada 2 yaitu faktor intern dan faktor eksternal,sedangkan faktor penghambat dari dalam diri anak yaitu kesehatan, intelegensi, minat dan motivasi yang rendah menjadi penghambat dalam mencapai prestasi. Peneliti memiliki saran dalam penelitian ini bagi peserta didik diharapkan bisa lebih bersemangat lagi dalam mengikuti pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Saran untuk Guru diharapkan bisa lebih kreatif lagi dalam memberikan variasi musik, agar siswa tidak cepat bosan. Saran untuk orang tua diharapkan bisa lebih dini lagi dalam memberikan dan mengenalkan musik pada anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mendengarkan Musik, Prestasi Akademik, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Oct 2012 22:24
Last Modified: 22 Oct 2012 22:24

Actions (login required)

View Item