PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN SISWA KELAS V MI ASSYAFIIYYAH DUKUHDAMU LEBAKSIU TEGAL TAHUN AJARAN 2009/2010


Nahdiyatus Sholihah , 2101405665 (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN SISWA KELAS V MI ASSYAFIIYYAH DUKUHDAMU LEBAKSIU TEGAL TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN SISWA KELAS V MI ASSYAFIIYYAH DUKUHDAMU LEBAKSIU TEGAL TAHUN AJARAN 2009/2010] PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN SISWA KELAS V MI ASSYAFIIYYAH DUKUHDAMU LEBAKSIU TEGAL TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (801kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam bermain drama masih rendah. Rendahnya kemampuan bermain drama disebabkan oleh faktor dan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru masih kurang sesuai. Guru cenderung masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang sederhana yang dianggap kurang tepat dalam pembelajaran bermain drama sehingga menciptakan siswa pasif dan kurang kreatif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan bermain drama siswa kelas V MI Assyafiiyyah Dukuhdamu Lebaksiu Tegal, peneliti memberi solusi pembelajaran bermain drama dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang berkonsep belajar dengan menyenangkan. Berdasarkan latar belakang di atas permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana peningkatan kemampuan bermain drama siswa kelas V MI Asyafiiyyah Dukuhdamu Lebaksiu Tegal setelah diterapkan pendekatan PAKEM, 2) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas V MI Asyafiiyyah Dukuhdamu Lebaksiu Tegal setelah diterapkan pendekatan PAKEM. Tujuannya yaitu 1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan bermain drama siswa kelas V MI Assyafiiyyah Dukuhdamu Lebaksiu Tegal setelah diterapkan pendekatan PAKEM, 2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas V MI Asyafiiyyah Dukuhdamu Lebaksiu Tegal setelah diterapkan pendekatan PAKEM. Manfaat penelitian ini adalah berupa manfaat praktis dan teoretis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam bermain drama dengan pendekatan PAKEM pada siswa kelas V MI Assyafiiyyah Dukuhdamu. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan kemampuan bermain drama dan pendekatan PAKEM. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes kemampuan bermain drama. Teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui pendekatan PAKEM, kemampuan bermain drama siswa kelas V MI Assyafiiyyah Dukuhdamu menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini terlihat pada kemampuan siswa bermain drama meningkat sebesar 16,41%. Pada siklus I nilai rata-rata tes siswa mencapai 69,18. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,77. Setelah menggunakan pendekatan PAKEM juga terjadi perubahan perilaku siswa. Siswa yang sebelumnya kurang bersemangat terhadap pembelajaran bermain drama menjadi lebih bersemangat, setelah mengikuti pembelajaran bermain drama dengan pendekatan PAKEM. Selanjutnya, dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan pendekatan PAKEM pada pembelajaran bermain drama. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian yang sama dengan pendekatan pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain Drama, Pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:11
Last Modified: 25 Apr 2015 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item