PEMENTASAN MUSIK SEREMPET GUDAL SEMARANG KAJIAN EKSPRESI MUSIKALNYA.


Rizal Ubaidillah, 2503407020 (2012) PEMENTASAN MUSIK SEREMPET GUDAL SEMARANG KAJIAN EKSPRESI MUSIKALNYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMENTASAN MUSIK SEREMPET GUDAL SEMARANG KAJIAN EKSPRESI MUSIKALNYA. ] Microsoft Word (PEMENTASAN MUSIK SEREMPET GUDAL SEMARANG KAJIAN EKSPRESI MUSIKALNYA. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Kehadiran musik sebagai bagian dari kehidupan manusia bukanlah hal yang baru. Adanya beragam jenis aliran musik serta perkembangan di dunia musik tanah air yang begitu beragam jenis dan aliranya dan sekarang ini banyak aliran-aliran musik yang unik yang bermunculan Seperti kelompok musik Serempet Gudal Semarang yang memiliki aliran musik popdut yang memberikan sentuhan parodi di setiap pementasanya dan terlihat unik. Berdasarkan masalah pokok yang dikaji dalam penelitian ini muncul rumusan masalah bagaimanakah ekspresi musikal Serempet Gudal pada saat pementasannya? Ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis bentuk ekspresi musikal kelompok musik Serempet Gudal. . Dari hasil penelitian ini dapat diharapkan dapat bermanfaat sebagai berikut: (1) Manfaaat teoritis Sebagai : Sumbang pemikiran bagi lembaga pendidikan tinggi Universitas Negeri Semarang khususnya mahasiswa jurusan musik untuk lebih mengenal tentang keunikan warna musikal sebuah musik. (2) Manfaat praktis : Bagi masyarakat, terutama yang menaruh perhatian terhadap kesenian, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan untuk menambah wawasan tentang musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif tentang”Pementasan Musik Serempet Gudal Semarang Kajian Ekspresi Musikal”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian diseleksi atas dasar reabilitas dan validitasnya, dan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan akhirnya dapat dikemukakan bahwa perwujudan ekspresi musikal Serempet Gudal Semarang terdiri dari waktu ke waktu pementasan, salah satu perwujudan keunikan sebenarnya ada dalam versi bentuk pementasannya. Dengan menampilkan lagu karya sendiri dengan iringan musik popdut parodi. Dalam pementasannya Serempet Gudal bermain dengan tempo dan dinamika dalam setiap lagu yang mereka bawakan pada saat melakukan pementasan, dan mengetahui teknik produksi nada. Perwujutan ekspresi musikal kelompok musik Serempet Gudal ada pada saat pementasan, berdasarkan kesimpulan tersebut saran yang dapat dikemukakan khususnya kepada kelompok musik Serempet Gudal adalah : (1) Kelompok musik Serempet Gudal hendaknya dapat menjaga kualitas penampilannya dengan tidak menyepelekan hal-hal yang dapat mempengaruhi ekspresi musikal mereka.(2)Lebih dikembangkan kembali dalam pembuatan konsep atau tema lagu, supaya penonton tidaj merasa jenuh dan terkesan monoton.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PEMENTASAN MUSIK
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2012 01:40
Last Modified: 23 Oct 2012 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16068

Actions (login required)

View Item View Item