Upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang dalam Mengangkat Tari Slendang Pemalang sebagai Identitas Seni Tari di Kabupaten Pemalang

Eva Bastiarani, 2502408010 (2012) Upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang dalam Mengangkat Tari Slendang Pemalang sebagai Identitas Seni Tari di Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keberadaan kesenian tradisional sebagai warisan budaya dapat digunakan untuk menunjang kemajuan daerah pemiliknya. Tari Slendang Pemalang merupakan kesenian yang berada di Kabupaten Pemalang yang diciptakan oleh Bapak Koestoro pada tahun 1985. Upaya pembentukkan tari Slendang Pemalang menjadi identitas seni tari di Kabupaten Pemalang sedang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang dalam mengangkat tari Slendang Pemalang sebagai identitas seni tari di kabupaten Pemalang? (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan kendala yang dihadapi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam upaya mengangkat tari Slendang Pemalang sebagai identitas seni tari di Kabupaten Pemalang? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengambilan data meliputi teknik observasi, teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori, dengan membandingkan dan mengecek data yang diperoleh dari lapangan. Peneliti menggunakan tiga tahap dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Slendang Pemalang merupakan tari yang mengekspresikan budaya yang ada di Pemalang. Keunikan dari tari Slendang Pemalang adalah pada penggunaan slendang/ sampur disetiap geraknya yang dibuat simpul kedua ujungnya. Upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang dalam mengangkat tari Slendang Pemalang menjadi identitas daerah dilihat berdasarkan keberadaan tari Slendang Pemalang melalui upaya pengembangan dan pelestarian. Upaya pengembangan tari Slendang Pemalang ditunjukkan dengan perubahan yang terjadi dari aspek gerak, iringan, busana dan rias yang telah disesuaikan dengan minat masyarakat. Upaya pelestarian tari Slendang Pemalang bertujuan untuk meningkatkan secara kualitas melalui sosialisasi, pementasan dan dokumentasi. Faktor pendukung dan kendala yang dihadapi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam upaya mengangkat tari Slendang Pemalang sebagai identitas seni tari di Kabupaten Pemalang yaitu berasal dari masyarakat pendukung, pencipta dan pemerintah Kabupaten Pemalang. Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan hasil penelitian adalah kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang hendaknya segera mengesahkan tari Slendang Pemalang sebagai identitas daerah secara hukum, mengadakan kegiatan rutin yang melibatkan tari Slendang Pemalang dan mendukung kegiatan kesenian baik tingkat daerah, regional maupun nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tari Slendang
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Oct 2012 23:11
Last Modified: 21 Oct 2012 23:11

Actions (login required)

View Item